Kompas TV feature coffee story

Intip Proses Produksi Kopi Luwak Arabika di Daerah Belawan

Kompas.tv - 10 Agustus 2021, 15:03 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Pada tahun 1894 Belanda membangun pabrik pengolahan kopi di daerah Belawan. Pabrik pengolahan Jampit menyusul beberapa tahun kemudian.

Tahun 1958 usai Indonesia merdeka, perkebunan milik Belanda ini kemudian dinasionalisasi. Pada tahun 1966 perusahaan perkebunan ini resmi berubah nama jadi PT. Perkebunan Nusantara 12 (Persero) yang merupakan pelabuhan dari 3 buah PT. Perkebunan.

Kandungan protein kopi luwak lebih rendah ketimbang kopi biasa karena perombakan protein melalui frementasi dalam pencernaan Luwak lebih optimal.

Protein ini berperan sebagai pembentuk rasa pahit pada kopi saat disangrai sehingga kopi luwak tidak sepahit kopi biasa karena kandungan proteinnya rendah.

Disclaimer: Acara ini sudah pernah tayang di KompasTV dan diupload di channel Cerita Rasa tanggal 3 Desember 2019.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x