Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

UNESCO Minta Hentikan Sementara Pembangaunan TN Komodo, Ada Sejumlah Syarat yang Belum Dipenuhi

Selasa, 10 Agustus 2021 | 13:20 WIB
unesco-minta-hentikan-sementara-pembangaunan-tn-komodo-ada-sejumlah-syarat-yang-belum-dipenuhi
Komodo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat. Pembangunan proyek pariwisata Indonesia yang dijuluki Jurassic Park di media sosial akan terus berlanjut, kata Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, meski UNESCO memperingatkan rencana tersebut bisa berdampak negatif terhadap lingkungan, seperti dilansir Straits Times, Kamis, (05/08/2021). (Sumber: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia)

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pembangunan infrastruktur di dalam dan sekitar Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggaran Timur diharapkan untuk dihentikan sementara. Pasalnya, Indonesia harus mempertimbangkan peringatan dari Unesco sehingga dapat secara serius menerapkan pembangunan berkelanjutan. Melihat, Taman Nasional Komodo telah menjadi warisan alam dunia.

Peringatan tersebut dilontarkan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO.

Anggota Dewan Pimpinan Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) Soehartini Sekartjakrarini berpendapat, oleh karena Indonesia yang memohon agar Taman Nasional (TN) Komodo bisa menjadi World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve, Indonesia harus mengikuti segala persyaratan yang diminta.

Menurutnya, ada beberapa persyaratan yang belum dipenuhi sampai tuntas, seperti penilaian dampak dan rencana pengelolaan.

”Ketika ditetapkan menjadi warisan dunia berarti ada tanggung jawab besar. Penetapan warisan dunia jangan semata-mata lebih dipakai sebagai ajang promosi. Komite Warisan Dunia UNESCO pasti akan selalu mengevaluasi,” ujar Soehartini, Senin (9/8/2021), seperti dikutip dari Kompas.id.

Soehartini mengemukakan bahwa pembangunan sarana dan prasarana di kawasan hutan ataupun taman nasional idealnya diawali dengan pemetaan ruangan, melihat tipe dan lanskap, serta tidak boleh memotong jalur satwa di dalamnya. Dari situlah baru diputuskan pembangunan sarana dan prasarana yang tepat.

Baca Juga: Kebakaran Hebat Melanda Sabana Taman Nasional Komodo, Ini Kata BTNK

”Kalaupun suatu kawasan hutan atau taman nasional dapat dipakai untuk pariwisata, pariwisata harus dilihat sebagai alat untuk melestarikan kawasan itu. Pariwisata tidak menjadi tujuan utama penggunaan kawasan hutan atau taman nasional,” kata Soehartini.

Sejalan dengan hal itu, Ketua East Java Ecotourism Forum Agus Wiyono berpendapat, pilar pariwisata berkelanjutan adalah pelestarian lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Dalam skala kawasan hutan ataupun taman nasional, pengembangan sarana dan prasarana harus memiliki rencana induk yang pembahasannya dari awal melibatkan sebanyak mungkin pemangku kepentingan.

Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:49
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19