Kompas TV bisnis bumn

Resmi, Pertamina Hari Ini Ambil Alih 103 Sumur Minyak Chevron di Blok Rokan

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 19:25 WIB
resmi-pertamina-hari-ini-ambil-alih-103-sumur-minyak-chevron-di-blok-rokan
Ilustrasi Blok Rokan, sumber minyak terbesar kedua Indonesia setelah Blok Cepu. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

ROKAN, KOMPAS.TV - PT Pertamina (Persero) resmi mengelola secara penuh blok minyak terbesar kedua di Indonesia, Blok Rokan Riau pada Senin (9/8/2021). Unit usaha Pertamina, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) akan mengambil alih 103 sumur minyak dari Chevron.

Pengelola Blok Rokan sebelumnya adalah PT Chevron Pacific Indonesia (CPI). PT CPI sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Blok Rokan telah mengelola 103 sumur hingga kontrak berakhir Minggu kemarin, 8 Agustus 2021.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan, 103 sumur minyak itu kini menjadi modal awal Pertamina untuk menjaga level produksi agar tetap stabil.

"PT CPI telah menyelesaikan 103 sumur dan beberapa sumur memberikan performa yang lebih besar dari yang diperkirakan. Kami harapkan ini menjadi modal awal Pertamina mengembangkan WK Rokan,” ujar Dwi pada Senin (9/8/2021) dini hari.

Baca Juga: SKK Migas Harapkan PT Pertamina Hulu Rokan Tetap Libatkan Partisipasi Pengusaha Lokal

Dwi berharap Pertamina telah menyiapkan tim untuk melakukan proses pengambilalihan manajemen Blok Rokan agar bisa segera tancap gas.

"Kami harapkan tim Pertamina juga sudah melakukan proses change management dan siap bekerja, memahami dan beradaptasi dengan sistem Pertamina,” kata Dwi.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyambut baik kesempatan ini dan berharap Pertamina dapat mengelola Blok Rokan dengan baik, mengingat potensinya.

“Sejak pertama kali diproduksikan pada tahun 1951 hingga tahun 2021, WK Rokan merupakan salah satu wilayah kerja strategis yang telah menghasilkan 11,69 miliar barel minyak,” ujar Menteri Arifin dalam keterangan tertulis, Senin.

Pada akhir Juli 2021, rata-rata produksi Wilayah Kerja (WK) Rokan sekitar 160,5 ribu barel per hari atau sekitar 24 persen dari produksi nasional. 

Selain itu, WK Rokan juga menghasilkan gas bumi sebanyak 41 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x