Kompas TV nasional peristiwa

Dua Remaja Pembobol Situs Setkab Punya Peran Berbeda dan Berpengalaman Bobol 650 Website

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 17:55 WIB
dua-remaja-pembobol-situs-setkab-punya-peran-berbeda-dan-berpengalaman-bobol-650-website
Ilustrasi peretasan situs Setkab. (Sumber: Istockphoto/Xijian)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Purwanto

PADANG, KOMPAS.TV - Dua remaja asal Sumatera Barat yang meretas situs Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, berinisial BS alias ZYY (18) dan MLA (17) masing-masing memiliki peran dalam pembobolan ini. 

Kedua remaja itu ditangkap oleh Tim Siber Bareskrim Polri dengan bantuan tim Finder Direct Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumbar. 

Mereka tertangkap di lokasi dan waktu yang berbeda di Sumbar. BS tertangkap di Tabing Banda Gadang, Nanggalo, Padang pada Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Situs Setkab Diretas, Ada Tulisan Padang Blackhat, Siapa Mereka?

Sementara, MLA (17) tertangkap di Sungai Rumbai, Dharmasraya, Jumat (6/8/2021). Dari tangan kedua pelaku, polisi menyita barang bukti, berupa empat ponsel dan dua laptop.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, kedua pelaku berbagi tugas untuk membobol keamanan situs Sekretariat Kabinet.

"BS alias ZYY (18) diduga sebagai orang yang berperan melakukan bypass directory home agar tembus domain utama situs setkab.go.id," kata Satake, Senin (9/8/2021), dilansir dari Kompas.com.

Sedangkan, MLA diduga berperan sebagai pembobol sub domain PPID situs setkab.go.id dan mengubah index PPID atau halaman utama. 

"Perannya berbeda-beda. BS terlebih dahulu masuk ke domain utama dan MLA ke sub domain," jelas Satake. 

Setelah membobol, keduanya mengunggah tulisan beserta gambar berisi protes pada pemerintah.



Sumber : Kompascom

BERITA LAINNYA



Close Ads x