Kompas TV video sinau

Kenapa Tubuh Penguin Berwarna Hitam Putih? Ini Alasannya...

Kompas.tv - 10 Agustus 2021, 10:31 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Penguin memiliki ciri tubuh unik yang terdiri dari kombinasi dua warna. Bagian tubuh belakang penguin berwarna hitam, sedangkan bagian depannya berwarna putih.

Tahukah kamu, kenapa tubuh penguin berwarna hitam putih?

Perpaduan dua warna membantu penguin menjalani kehidupannya sehari-hari. Warna hitam dan putih pada tubuh penguin membantu mereka berkamuflase sehingga terhindar dari serangan predator.

Ketika menyelam di laut, bagian tubuh belakang penguin akan tersamarkan oleh warna biru gelapnya laut.

Sedangkan ketika dilihat dari dalam laut, bagian perut penguin yang berwarna putih akan bercampur dengan pantulan sinar matahari, sehingga sulit dilihat.

Hal ini dapat mengelabui predator penguin seperti paus, hiu, atau anjing laut karena warna tubuh penguin yang mirip dengan lingkungan sekitar.

Tampilan warna hitam putih di tubuh penguin ini sering disebut dengan istilah countershading.

Istilah ini menggambarkan bagaimana warna tubuh hewan lebih gelap ketika menghadap matahari, dan menjadi lebih terang saat membelakanginya.

Warna hitam putih pada tubuh penguin juga membantu hewan ini mengendalikan suhu tubuh. Saat merasa kepanasan, penguin akan menghadapkan perutnya yang berwarna putih ke sinar matahari, supaya dapat memantulkan sinarnya.

Sedangkan ketika mereka merasa kedinginan, penguin menghadapkan bagian punggung ke sinar matahari agar merasa lebih hangat.

Warna tubuh penguin yang tidak mudah terlihat oleh hewan laut lainnya juga memudahkan mereka berburu mangsa. Saat menemukan ikan, penguin akan langsung menangkapnya tanpa diketahui oleh mangsanya.

Baca Juga: Dikabarkan Sudah Menghilang, Hewan Tasmanian Devil Ditemukan Lahir Kembali di Australia

www.kompas.tv/article/178411/dikabarkan-sudah-menghilang-hewan-tasmanian-devil-ditemukan-lahir-kembali-di-australia

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x