Kompas TV regional berita daerah

BOR di Kota Bogor Menurun, Bima Arya Harap Dapat Relaksasi PPKM Turun ke Level 3

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 13:38 WIB
bor-di-kota-bogor-menurun-bima-arya-harap-dapat-relaksasi-ppkm-turun-ke-level-3
Wali Kota Bogor Bima Arya (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

BOGOR, KOMPAS.TV – Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut keterisian tempat tidur di Kota Bogor, Jawa Barat turun menjadi 45 persen.

Atas hal itu, Arya berharap Kota Bogor dalam evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Jawa Bali yang akan berlangsung hari ini, Senin (9/8/2021) dapat turun pada level 3.

"Kami menunggu hasil evaluasi PPKM Level 4 di Kota Bogor yang akan diumumkan pemerintah pusat," kata Bima Arya,  Senin (9/8/2021).

Berdasarkan data dinas kesehatan setempat, kata Bima Arya, tingkat keterisian tempat tidur (BOR) pasien positif Covid-19 di rumah sakit menurun dibandingkan dengan pada awal Juli lalu.

Menurut data, pada awal Juli, BOR di Kota Bogor mencapai 82 persen. Hal itu sangat melampaui standar aman yang ditetapkan Lembaga Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 60 persen.

Baca Juga: Bima Arya Keluhkan UU Cipta Kerja Bikin Rumit: Kami Sudah Maju, Jadi Belok-Belok Lagi

Sementara berdasar data pada Minggu (8/8/2021), BOR rumah sakit di Kota Bogor tercatat sebesar 45 persen.

Bima berharap, dengan indikator yang dicapai Pemerintah Kota Bogor saat ini, ada relaksasi dan penurunan status dari Level 4 menjadi Level 3.

Kendati demikian, pihaknya tidak bisa mengambil keputusan lebih dulu, sebelum adanya evaluasi dan penetapan dari Pemerintah Pusat.

Apabila evaluasi sudah dilaksanakan, barulah kemudian Pemkot Bogor dapat bersama melakukan evaluasi seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) dan menentukan kebijakan berikutnya.

"Setelah itu, baru Pemkot Bogor bersama Forkopimda melakukan evaluasi, untuk menentukan kebijakan berikutnya," terangnya.

Selain BOR yang tercatat menurun dalam sepekan terakhir, Pemkot Bogor juga mencatat ada penurunan tren penularan Covid-19 di Kota Bogor.

Awal Juli lalu, kata Bima Arya, kasus harian bisa mencapai 600 kasus. Sementara dalam sepekan terakhir, jumlah kasus berada pada kisaran 200 kasus per hari.

Baca Juga: Wali Kota Bogor Serahkan IMB GKI Yasmin, Ketua Tim 7: Bukti Negara Hadir Lindungi Rakyat

"Pada Sabtu kemarin, ada tambahan 224 kasus baru dan pada Minggu hari ini ada tambahan 118 kasus baru," jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengklaim, tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 yang juga terus meningkat.

Pada Sabtu (7/8/2021) ada 119 kasus positif sembuh, dan pada Minggu (8/8/2021) ada 287 kasus positif sembuh.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x