Kompas TV internasional kompas dunia

Kebakaran Hutan di Pulau Terbesar Kedua Yunani Seperti Film Horor

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 10:31 WIB
kebakaran-hutan-di-pulau-terbesar-kedua-yunani-seperti-film-horor
Pesawat pemadam kebakaran menjatuhkan air saat kebakaran hutan melanda wilayah dekat desa Vasilka, pulau Evia, Yunani, Minggu (08/08/2021). (Sumber: Alexandros Avramidis/Antara via Reuters)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

PEFKI, KOMPAS.TV - Ribuan warga Pulau Evia di Yunani terpaksa mengungsi terbirit-birit dari rumah mereka, ketika kebakaran hutan makin meluas dan belum bisa dikendalikan sampai pada hari keenam, Minggu, (08/08/2021) dan kapal-kapal feri bersiaga untuk evakuasi lanjutan setelah mengangkut warga ke tempat aman.

Kobaran api di Pulau Evia, pulau terbesar kedua di Yunani, segera menjalar ke beberapa tempat, menghanguskan ribuan hektare hutan asli di bagian utara, dan memaksa penduduk di puluhan desa mengungsi.

Api menelan rumah-rumah di lima desa namun besar kerusakan belum diketahui.

"(Ini) seperti film horor," kata pengungsi berusia 38 tahun yang sedang hamil, setelah naik ke atas feri di pelabuhan kota Pefki yang dihujani abu kebakaran

"Tapi sekarang bukan film, ini kejadian nyata, ini horor yang kami alami sepanjang pekan lalu," kata dia.

Kebakaran hutan telah menghanguskan banyak tempat Yunani saat gelombang panas melanda selama sepekan, terburuk di negara itu dalam tiga dekade.

Suhu yang membakar dan angin panas menciptakan kondisi yang seakan siap meledak. Di seluruh negeri, kawasan hutan telah terbakar dan puluhan rumah serta tempat usaha hancur.

Sejak Selasa, penjaga pantai telah mengungsikan lebih dari 2.000 orang, termasuk warga lanjut usia, dari sejumlah tempat di Evia --pulau yang dihubungkan ke daratan dengan jembatan-- dalam upaya penyelamatan dramatis lewat laut di bawah langit malam yang merah.

Para pengungsi lain meninggalkan desa mereka dengan berjalan kaki malam hari, melintasi jalan yang diterangi pohon-pohon terbakar.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Yunani Hanguskan Permukiman Juga, 1.400 Warga Dievakuasi

Kebakaran hutan besar terjadi di Yunani dan mengancam tempat lahirnya Olimpiade Modern. (Sumber: Associated Press)


Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x