Kompas TV nasional peristiwa

PPKM Level 4 Berakhir Hari Ini, Mungkinkah Ada Level Lain Lagi?

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 08:21 WIB
ppkm-level-4-berakhir-hari-ini-mungkinkah-ada-level-lain-lagi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, Senin (9/8/2021), merupakan hari terakhir Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  sejak diberlakukan 3 Agustus 2021.

Beberapa kali terjadi perpanjangan dan prubahan istilah PPKM. Perpanjangan pertama dilakukan pada 21-25 Juli 2021. Dilanjutkan pada 26 Juli-2 Agustus 2021 dengan penambahan  Level 3 dan 4.

Tiga kali perpanjangan tersebut merupakan kelanjutan dari penerapan PPKM Darurat yang dilakukan pemerintah pada 3-20 Juli 2021.

Lalu, apakah ada lagi perpanjangan ataukah akan  memunculkan level-level baru?

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang atau Tidak? Begini Analisis Anggota Komisi IX

Sejak kemarin, Minggu (8/8/2021), topik perpanjangan PPKM ramai dibicarakan di dunia maya. Banyak orang masih dalam kondisi menduga-duga, apakah PPKM akan diperpanjang lagi atau tidak. 

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi menyebut pemerintah belum memutuskan soal perpanjangan PPKM Level 4.

Rapat koordinasi untuk mengevaluasi PPKM Jawa dan Bali baru akan dilakukan. “Iya akan ada rakor untuk evaluasi PPKM Jawa Bali,” kata Jodi, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/8/2021).

Dia pun menyebutkan, keputusan akhir terkait pemberlakuan PPKM berada di tangan Presiden Joko Widodo.

Terkait tren angka kasus Covid-19 di Jawa dan Bali, kata Jodi, telah menunjukkan penurunan. "Jumlah tes meningkat dan positivity rate menurun, menunjukan peningkatan testing dan tracing sudah terjadi," terangnya.

Pihaknya berharap momentum yang baik ini tetap dipertahankan dan untuk minggu depan rasio tracing bisa di angka 1:8 atau 1:10.



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x