Kompas TV regional peristiwa

Info Cuaca BMKG Hari Ini 9 Agustus 2021: Sebagian Wilayah Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 06:12 WIB
info-cuaca-bmkg-hari-ini-9-agustus-2021-sebagian-wilayah-jakarta-berpotensi-hujan-disertai-petir
Prakiraan cuaca BMKG di DKI Jakarta cerah berawan, lalu hujan ringan. (Sumber: Kompas TV/Ant/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat agar mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat dan petir di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat pada Senin (9/8/2021).

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir di wilayah Jaksel, Jaktim, dan Jakbar pada siang dan sore hari," tulis BMKG dalam laman resminya, Senin (9/8/2021).

BMKG memperkirakan cuaca di seluruh wilayah DKI Jakarta akan cerah berawan pada Senin pagi.

Selanjutnya, untuk Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur akan diguyur hujan ringan pada Senin siang, sementara cuaca di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu akan berawan.

Hujan ringan diperkirakan masih mengguyur Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur hingga Senin malam, dan akan meluas ke Jakarta Pusat.

Untuk Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, BMKG memperkirakan akan cerah pada Senin malam.

Adapun suhu di DKI Jakarta pada hari Senin akan berkisar antara 24 derajat Celsius hingga 33 derajat Celsius.

Baca Juga: Hujan Bakal Guyur Mayoritas Pulau Jawa Hari Ini 9 Agustus 2021, BMKG: Cuaca Ekstrem di 24 Wilayah

Sementara, khusus Pulau Jawa, BMKG memprakirakan hujan dengan berbagai intensitas akan mengguyur mayoritas wilayah mulai dari Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Minus Yogyakarta dan Jawa Timur

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Sumatera, Papua Barat, dan di Samudra Pasifik timur Filipina.

Kondisi inilah yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia barat Banten - Bengkulu, dari Sumatera Selatan bagian barat hingga Samudra Hindia barat Sumatera Barat.

Untuk di wilayah Papua hingga Papua Barat bagian selatan, dan di Samudra Pasifik timur Filipina juga terjadi konvergensi yang memanjang.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Jawa Tengah hingga Banten bagian selatan, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dan di Sulawesi bagian tengah.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: Awas Petir, Prakiraan BMKG Cuaca 7 Agustus 2021, Hujan Landa Seluruh DKI Jakarta Siang hingga Malam



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x