Kompas TV internasional kompas dunia

Bayi Prematur Teringan di Dunia yang Lahir Hanya 212 Gram, Kini Makin Sehat dan Gembil Menggemaskan

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 07:30 WIB
bayi-prematur-teringan-di-dunia-yang-lahir-hanya-212-gram-kini-makin-sehat-dan-gembil-menggemaskan
Bayi berusia 14 bulan bernama Kwek Yu Xuan anak dari pasangan Malaysia yang tinggal di Singapura mungkin adalah bayi paling ringan yang lahir selamat di dunia, setelah ia lahir prematur di Singapura dengan berat hanya 212 gram pada 9 Juni 2020. (Sumber: Bernama Malaysia)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Bayi berusia 14 bulan bernama Kwek Yu Xuan anak dari pasangan Malaysia yang tinggal di Singapura mungkin adalah bayi paling ringan yang lahir selamat di dunia. Dia lahir prematur di Singapura dengan berat hanya 212 gram pada 9 Juni 2020.

Seperti dilansir Bernama, Minggu (08/08/2021), bayi Kwek Yu Xuan sudah pulang bersama orangtuanya pada 9 Juli 2021, dan sekarang memiliki berat 6,3 kg.

Bayi kecil dan rapuh itu saat lahir menderita berbagai komplikasi sehingga dianggap memiliki peluang kecil untuk bertahan hidup. Berkat para ahli di National University Hospital (NUH) Singapura, Yu Xuan berhasil melewati setiap masa krisisnya dan akhirnya dapat pulang bersama ayah dan ibunya.

Orang tua Yu Xuan adalah pasangan asal Malaysia yang berstatus penduduk permanen di Singapura. 

Awalnya, kedua orangtuanya ingin melahirkan Yu Xuan di Malaysia dan bersatu kembali dengan anak pertama mereka, seorang anak berusia 4 tahun yang tinggal di Malaysia.

Baca Juga: Selain Makanan Utama, ASI Eksklusif Juga Bantu Tingkatkan Kekebalan Bayi dari Paparan Covid-19

Bayi berusia 14 bulan bernama Kwek Yu Xuan anak dari pasangan Malaysia yang tinggal di Singapura mungkin adalah bayi paling ringan yang lahir selamat di dunia, setelah ia lahir prematur di Singapura dengan berat hanya 212 gram pada 9 Juni 2020. (Sumber: Bernama Malaysia)

Namun karena kondisi preeklamsia atau tekanan darah tinggi selama kehamilan, sang ibu dirawat di NUH dan menjalani operasi caesar darurat pada 24 minggu dan enam hari kehamilan. Sebagai referensi, rata-rata masa kehamilan adalah 40 minggu.

Kwek Yu Xuan sekarang berusia 14 bulan dan kondisinya baik-baik saja setelah berhasil keluar dari rumah sakit.

Seperti dilihat pada foto, Yu Xuan sekarang menjadi bayi lucu yang cukup sehat dengan pipi gembil menggemaskan.

Menurut Bio Spectrum Asia, Yu Xuan saat ini memiliki penyakit paru-paru kronis dan hipertensi pulmonal yang umumnya dikaitkan dengan prematuritas ekstrem, atau bayi yang lahir sangat prematur. Namun, Yu Xuan diperkirakan tim dokter akan sembuh seiring waktu.

Selain itu, menurut Tiniest Babies Registry yang dikelola oleh The University of Iowa, Yu Xuan mungkin adalah bayi paling ringan di dunia yang lahir dan pulang bersama orangtuanya dengan baik.

Baca Juga: Hebatnya ASI Eksklusif, Dapat Bantu Tingkatkan Kekebalan Bayi dari Covid-19

Bayi berusia 14 bulan bernama Kwek Yu Xuan saat berada di Rumah Sakit Singapura. Yu Xuan adalah anak dari pasangan Malaysia yang tinggal di Singapura mungkin adalah bayi paling ringan yang lahir selamat di dunia, setelah ia lahir prematur di Singapura dengan berat hanya 212 gram pada 9 Juni 2020. (Sumber: Bernama Malaysia)

Penyintas terkecil di dunia sebelumnya lahir dengan berat 245 gram di Amerika Serikat seperti dilansir BBC pada Mei 2019.

Baca Juga: Selain Makanan Utama, ASI Eksklusif Juga Bantu Tingkatkan Kekebalan Bayi dari Paparan Covid-19

Dalam briefing media virtual yang diselenggarakan oleh NUH Sabtu (07/08/2021), ibu Yu Xuan, Wong Mei Ling mengatakan, “Kami senang dia baik-baik saja dan boleh pulang. Kami sangat terkesan dan berterima kasih kepada para dokter dan perawat dari tim NUH Neonatal Intensive Care Unit (NICU) atas perawatan medis dan perawatan Yu Xuan yang penuh perhatian dan luar biasa.”

“Selain itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada platform crowdfunding GIVE.asia dan para donatur, serta kerabat, teman, kolega, dan pemilik tempat tinggal kami atas perhatian dan dorongan mereka.”

Orang tua Yu Xuan mengumpulkan lebih dari 1 juta ringgit Malaysia untuk tagihan medis Yu Xuan melalui GIVE.asia.

Luar biasa! Mari berharap Yu Xuan akan terus sehat dan panjang umur, sejahtera, dan memenuhi takdirnya menebar kebaikan bagi segenap mahluk.



Sumber : Bernama/World of Buzz

BERITA LAINNYA



Close Ads x