Kompas TV internasional kompas dunia

Prihatin, Varian Delta Cakup 95 Persen Kasus Infeksi Baru Covid-19 di Tepi Barat Palestina

Senin, 9 Agustus 2021 | 01:15 WIB
prihatin-varian-delta-cakup-95-persen-kasus-infeksi-baru-covid-19-di-tepi-barat-palestina
Seorang pria Palestina menerima vaksin AstraZeneca untuk melawan Covid-19 selama kampanye vaksinasi di Tubas, di Tepi Barat yang diduduki Israel, (25/3/2021). (Sumber: Raneen Sawafta/Antara via Reuters)

RAMALLAH, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan Palestina hari Sabtu (07/08/2021) mengumumkan 95 persen dari infeksi Covid-19 baru-baru ini di Tepi Barat merupakan varian Delta.

Menteri Kesehatan Palestina Mai al-Kaila mengatakan kepada wartawan di Kota Ramallah, Tepi Barat, bahwa varian Delta Covid-19 sedang menyebar di semua kota di Tepi Barat.

Dia menambahkan bahwa varian itu mencakup 95 persen dari kasus yang dilaporkan, seperti dilansir Xinhua, Minggu, (08/08/2021)

Mai al-Kaila mengklarifikasi, "Hingga saat ini situasi epidemiologis di Tepi Barat tidak perlu menerapkan karantina wilayah (lockdown)," seraya menambahkan, bahwa Kementerian Kesehatan membutuhkan bantuan untuk membatasi penyebaran virus mematikan tersebut, dan kemudian mengambil semua tindakan yang diperlukan nantinya.

Dikatakan Al-Kaila, menjaga kota dan lembaga perekonomian tetap dibuka serta melanjutkan aktivitas pendidikan di sekolah dan universitas memerlukan tanggung jawab sosial melalui kesadaran warga guna mencegah penyebaran virus itu dalam skala besar.

"Kasus yang dilaporkan di Palestina mengalami sedikit kenaikan, dan kurvanya meningkat dibandingkan beberapa hari yang lalu," ujarnya, seraya menambahkan bahwa dia sangat khawatir jika ini merupakan indikasi dimulainya gelombang keempat Covid-19.

Baca Juga: Israel Siksa Tahanan Perempuan Palestina di Tepi Barat

Staf medis merawat pasien COVID-19 Palestina di unit perawatan intensif, di Kompleks Medis Palestina, di kota Ramallah, Tepi Barat, Kamis, 28 Januari 2021. (Sumber: AP Photo/Nasser Nasser)

Sementara itu, al-Kaila mengimbau setiap warga Palestina yang berusia di atas 18 tahun untuk segera mendatangi pusat-pusat vaksinasi di Tepi Barat dan Jalur Gaza serta mematuhi langkah-langkah pencegahan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak sosial (social distancing).

Hari Sabtu, Kementerian Kesehatan dalam pernyataan pers mengatakan, pihaknya mencatat 136 kasus baru Covid-19 dan 33 kasus sembuh di wilayah Palestina dalam 24 jam terakhir.

Sejauh ini 608.155 orang telah divaksinasi di Tepi Barat dan Jalur Gaza, termasuk 423.340 orang yang sudah menerima vaksin dosis kedua. 

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Xinhua


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:03
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19