Kompas TV nasional kesehatan

Yuk Kenali Gejala Covid-19 pada Pria dan Wanita yang Ternyata Berbeda

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 05:55 WIB
yuk-kenali-gejala-covid-19-pada-pria-dan-wanita-yang-ternyata-berbeda
Ilustrasi anosmia, salah satu gejala Covid-19 (Sumber: SHUTTERSTOCK/NENAD CAVOSKI)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Tidak memandang jenis kelamin, virus Corona sebagai penyebab Covid-19 menyasar pria dan juga wanita.

Ternyata, sebuah studi terbaru menyebut infeksi virus corona dapat menimbulkan gejala yang cenderung berbeda bagi perempuan dan laki-laki.

Selain itu, terdapat gejala awal saat orang-orang yang dirasakan seseorang saat terpapar.

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim penelitian di Kings's College London seperti dilansir dari laman Bournemouthcho, Minggu (8/8/2021). 

Dengan melihat data dari aplikasi Zoe Covid Samptom, disebutkan bahwa pria cenderung mengalami sesak napas, kelelahan, kedinginan, dan demam saat terinfeksi Covid-19.

Sementara bagi perempuan, seringkali melaporkan gejala berupa kehilangan indera penciuman, nyeri dada, dan batuk terus menerus.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Gubernur hingga Kepala Desa Sediakan Tempat Isolasi Orang Bergejala Covid-19

Selain itu, bagi orang-orang berusia 60 tahun ke atas sering mengalami gejala diare. Namun, kehilangan kemampuan indera penciuman jarang terjadi pada kelompok usia ini.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Lancet Digital Health ini didasarkan pada pemodelan menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi tanda-tanda awal Covid-19.

Penulis utama studi, Claire Steves mengatakan bahwa penting bagi orang-orang untuk mengetahui gejala awal yang lebih luas dan mungkin berbeda bagi masing-masing individu.

"Panduan pengujian dapat diperbarui untuk memungkinkan kasus diambil lebih awal, terutama dalam menghadapi varian baru yang sangat mudah menular,” ujar Steves.

Secara keseluruhan, tim peneliti memeriksa 18 gejala berbeda yang terkait dengan Covid-19.

Tanda-tanda awal termasuk diantaranya adalah kehilangan indera penciuman, nyeri dada, batuk terus-menerus, sakit perut, ruam pada kaki, nyeri mata, dan nyeri otot yang tidak biasa.

Selain itu, para ilmuwan juga menemukan demam bukanlah ciri awal penyakit pada kelompok usia manapun, meskipun merupakan gejala yang umum diketahui.

Baca Juga: Cerita UAS Sempat Alami Gejala Covid-19 hingga Tulis Surat Wasiat



Sumber : PMJ News/Bournemouthcho


BERITA LAINNYA



Close Ads x