Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Waspada! Ini Ciri-Ciri Penipuan Giveaway Instagram, Kenali Sebelum Jadi Korban

Kompas.tv - Diperbarui 5 September 2022, 13:02 WIB
waspada-ini-ciri-ciri-penipuan-giveaway-instagram-kenali-sebelum-jadi-korban
Ilustrasi penipuan giveaway Instagram (Sumber: Business insider)
Penulis : Dian Nita | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penipuan giveaway di Instagram kian marak terjadi. Tidak sedikit korban yang mengaku rugi uang tunai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal ini jelas merugikan warganet yang ingin berpartisipasi.

Sebagai informasi, giveaway adalah salah satu langkah promosi yang biasa dilakukan toko online untuk pengenalan merek dan menambah pengikut media sosial.

Giveaway, yang biasa dilakukan publik figur, event tertentu, atau akun perusahaan, biasa diadakan dengan iming-iming hadiah seperti uang tunai, handphone, baju, jam tangan, dan barang berharga lainnya.

Namun, sebagian orang justru menyalahgunakan giveway untuk memeras harta benda dengan meminta transfer uang dengan alasan biaya administrasi atau ongkos kirim.

Baca Juga: Apa Itu Kode OTP dan Tips Menghindari Penipuan Modus Pencurian OTP

Mengikuti giveaway tentu boleh dilakukan namun harus memperhatikan ciri-ciri penipuan giveaway sehingga tidak ikut menjadi korban.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengikuti giveaway atau saat dinyatakan menang giveaway.

1. Diminta untuk Transfer Uang

Apabila Anda merima DM Instagram untuk mengirim sejumlah uang dengan alasan biaya administrasi atau ongkos kirim maka bisa dipastikan hal itu penipuan.

Giveaway sungguhan tidak akan memungut biaya apapun untuk pemenang. Sekalipun harus membayar ongkir, maka jumlah uang tidak akan lebih dari harga hadiah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x