Kompas TV regional berita daerah

Filsafat UGM Pakai Virtual Game RPG untuk Kenalkan Kampus kepada Mahasiswa Baru

Kompas.tv - 8 Agustus 2021, 11:35 WIB
filsafat-ugm-pakai-virtual-game-rpg-untuk-kenalkan-kampus-kepada-mahasiswa-baru
Fakultas Filsafat UGM memakai game untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada


YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memakai game untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. 

Game virtual yang digunakan dalam Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) Fakultas Filsafat UGM bernama Roblox.

Dengan memainkan game yang ber-genre RPG (role-playing game) itu, saat memasuki server Fakultas Filsafat UGM, pengunjung bisa mengililingi bangunan virtual Fakultas Filsafat UGM secara mandiri.

Ada mini game dalam server tersebut. 

Pengunjung pun dapat menaiki motor yang disediakan untuk berkeliling mengenal Fakultas Fisalafat UGM, walaupun di dunia nyata tidak diperkenankan seperti itu.

Pengunjung juga dapat mengajak teman-temannya untuk bermain bersama dan saling berinteraksi melalui chatbox yang disediakan.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Bikin Alat Deteksi Kerumunan, Begini Cara Kerjanya

Untuk menikmati server game virtual Fakultas Filsafat UGM tersebut, pengunjung bisa membuka tautan berikut:  https://www.roblox.com/games/7173247488/Fakultas-Filsafat-
Universitas-Gadjah-Mada?nu=true.

"Kami sangat terkesan, ada inovasi berbasis teknologi yang muncul dari kalangan mahasiswa Fakultas Filsafat UGM," ujar Koordinator Gugus PPSMB Fakultas Filsafat UGM, Moch. Najib Yuliantoro, Minggu (8/8/2021).

Sementara, menurut Ketua Panitia PPSMB Fakultas Filsafat UGM, Muhammad Fashakira Bhagawanta, server atau map Fakultas Filsafat UGM tersebut semula tercipta atas jasa
orang lain.

Namun, penciptaan server tersebut mengalami kendala di tengah jalan. 

Baca Juga: Daftar Makanan yang Harus Dihindari Pasien Covid-19 Saat Isolasi Mandiri Versi Ahli Gizi UGM

Kemudian, ada salah satu mahasiswa Fakultas Filsafat UGM yang telah terbiasa bermain game Roblox, bersedia membantu untuk menyelesaikan proses pembuatannya sampai
seperti sekarang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.