Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa Budidaya Murai Batu dengan Omzet Puluhan Juta, Biaya Kuliah Bayar Sendiri

Kompas.tv - 7 Agustus 2021, 15:02 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BLITAR, KOMPAS.TV - Berawal dari hobi, seorang mahasiswa di Kabupaten Blitar Jawa Timur sukses beternak puluhan ekor burung murai batu. Dari usaha itu, ia mendapatkan omzet puluhan juta rupiah per bulan.

Adalah Rizal Setiawan, mahasiswa yang sukses budidaya murai batu. Ia beternak puluhan ekor burung murai batu di ruangan berukuran 4 X 6 meter di Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Mahasiswa Raup Rupiah dari Budidaya Sayur Hidroponik

Budidaya itu berawal dari kecintaan Rizal terhadap burung kicau, terutama murai batu di tahun 2011. Ia kemudian mengawali budidaya dengan membeli 2 ekor indukan dan pejantan.

Berbekal kesabaran, budidaya itu membuahkan hasil dan kini ia memiliki 24 ekor burung murai batu. Satu ekor burung murai batu dijual dengan harga mulai 2 hingga 5 juta rupiah, tergantung kualitas suara kicauannya.

Dari budidaya burung murai batu itu, ia mendapatkan omzet 20 hingga 30 juta per bulan. Berkat usahanya, mahasiswa Fakultas Hukum ini mampu membiayai kuliahnya sendiri tanpa harus bergantung pada orang tuanya.

Baca Juga: Mengubah Rawa Menjadi Budidaya Udang Vaname

Untuk menghasilkan burung yang berkualitas, Rizal sengaja memilih indukan yang sudah terbukti memiliki kicauan yang bagus. Desain ruangan juga dibuat sealami mungkin, agar burung nyaman dan tidak stres, sehingga mempermudah proses perkawinan.

 

#BudidayaMuraiBatu #BudidayaBurungBerkicau #MahasiswaKreatif

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x