Kompas TV hobby news

Punya Kucing dan Anjing di Rumah, Jangan Takut Lakukan Steril, Ahli: Hidup Hewan Lebih Sejahtera

Kompas.tv - 7 Agustus 2021, 13:15 WIB
punya-kucing-dan-anjing-di-rumah-jangan-takut-lakukan-steril-ahli-hidup-hewan-lebih-sejahtera
Ilustrasi kucing yang tengah dicek kesehatannya. (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Siapa kira jika steril hewan peliharaan seperti kucing dan anjing tak bermanfaat.

Namun, para ahli punya pendapat sebaliknya yang menyebut bahwa steril pada kucing dan anjing justru dapat membuat hidup hewan peliharaan itu lebih sejahtera. 

Hal ini seperti yang diutarakan Novi Wulandari, seorang dokter hewan yang juga anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). 

“Kalau misalnya tidak disteril, lalu dia kawin dan beranak. Seringkali yang terjadi pemilik hewan peliharaan bingung ketika sudah lahiran. Ini kitten atau pupies-nya harus diapakan. Karena kebanyakan dan kewalahan akhirnya malah di buang ke pasar. Ini kan jadinya menelantarkan, tidak mendukung kesejahteraan hewan. Jadi tentu lebih baik disteril,” kata dokter Novi dalam konferensi pers virtual seperti dikutip dari Antara, Sabtu (7/8/2021). 

Baca Juga: Hobi Unik, Kucing Ras Bikin Cuan

Menurutnya, meski hewan peliharaan seperti anjing dan kucing disterilkan, anak-anak bulu tetap dapat melakukan kawin.

Sehingga itu tidak dapat menjadi alasan pemilik hewan peliharaan merasa “kasihan” dan urung untuk mengambil tindakan steril.

"Dengan steril, tentunya pemilik ikut andil dalam gerakan pengendalian populasi hewan sehingga para hewan kesayangan bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dengan pengasuhan dan perawatan yang optimal," papar dia. 

Baca Juga: Misteri di Balik Anjing Dan Kucing yang Jarang Akur

Terpisah, Ryan Delon, seorang artis yang juga salah satu pemilik dan pecinta anjing juga sependapat untuk mensterilkan anak- anak bulu kesayangannya agar mereka dapat sejahtera.

Sebagai pemilik dari banyak anjing dan kucing, Ryan Delon mensterilkan hewan peliharaannya itu agar tidak terjadi penelantaran di kemudian hari khususnya jika ternyata anjing atau kucingnya berkembang biak.

Baca Juga: Bermula dari Cekcok soal Kotoran Anjing, Mantan Atlet Bela Diri Aniaya Tetangga hingga Tewas

“Saya sangat setuju steril, karena misalnya di klaster rumah saya saja itu ya. Banyak anak anjing atau kitten yang terlantar. Mereka akhirnya tidak terurus, banyak yang terlantar. Nah saya sebagai pemilik anjing dan kucing harus bertanggung jawab pada kesejahteraan mereka. Tentu saya pilih sterilkan mereka sebagai bentuk tanggung jawab saya biar hal yang sama tidak terjadi, agar mereka tidak berkembang biak dan tidak terlantar,” ujar ayah dengan dua anak itu.

Sebagaimana diketahui, steril hewan peliharaan apalagi kucing dan anjing sering kali dianggap tabu oleh masyarakat.

Baca Juga: Aksi Heroik Anjing Ini Selamatkan Keluarga Tuannya dari Kebakaran

Masih banyak sekali pemilik hewan peliharaan yang kontra untuk mensterilkan anak- anak bulunya karena merasa kasihan pada kucing atau anjingnya.

Namun sebenarnya steril hewan peliharaan itu memberikan dampak baik tidak hanya untuk lingkungan manusia tapi juga untuk kesehatan para kucing dan anjing.

Setidaknya dengan steril, manusia dapat menghindarkan anak- anak bulunya dari penyakit- penyakit kronis seperti kanker payudara, infeksi saluran rahim, hingga kanker ovarium, hingga kanker prostat.

Baca Juga: Ini Penyebab Kucing Suka Mengendus



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x