Kompas TV hobby news

Punya Kucing dan Anjing di Rumah, Jangan Takut Lakukan Steril, Ahli: Hidup Hewan Lebih Sejahtera

Sabtu, 7 Agustus 2021 | 13:15 WIB
punya-kucing-dan-anjing-di-rumah-jangan-takut-lakukan-steril-ahli-hidup-hewan-lebih-sejahtera
Ilustrasi kucing yang tengah dicek kesehatannya. (Sumber: Kompas TV/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Siapa kira jika steril hewan peliharaan seperti kucing dan anjing tak bermanfaat.

Namun, para ahli punya pendapat sebaliknya yang menyebut bahwa steril pada kucing dan anjing justru dapat membuat hidup hewan peliharaan itu lebih sejahtera. 

Hal ini seperti yang diutarakan Novi Wulandari, seorang dokter hewan yang juga anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). 

“Kalau misalnya tidak disteril, lalu dia kawin dan beranak. Seringkali yang terjadi pemilik hewan peliharaan bingung ketika sudah lahiran. Ini kitten atau pupies-nya harus diapakan. Karena kebanyakan dan kewalahan akhirnya malah di buang ke pasar. Ini kan jadinya menelantarkan, tidak mendukung kesejahteraan hewan. Jadi tentu lebih baik disteril,” kata dokter Novi dalam konferensi pers virtual seperti dikutip dari Antara, Sabtu (7/8/2021). 

Baca Juga: Hobi Unik, Kucing Ras Bikin Cuan

Menurutnya, meski hewan peliharaan seperti anjing dan kucing disterilkan, anak-anak bulu tetap dapat melakukan kawin.

Sehingga itu tidak dapat menjadi alasan pemilik hewan peliharaan merasa “kasihan” dan urung untuk mengambil tindakan steril.

"Dengan steril, tentunya pemilik ikut andil dalam gerakan pengendalian populasi hewan sehingga para hewan kesayangan bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dengan pengasuhan dan perawatan yang optimal," papar dia. 

Baca Juga: Misteri di Balik Anjing Dan Kucing yang Jarang Akur

Terpisah, Ryan Delon, seorang artis yang juga salah satu pemilik dan pecinta anjing juga sependapat untuk mensterilkan anak- anak bulu kesayangannya agar mereka dapat sejahtera.

Penulis : Gading Persada

Sumber : Antara


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19