Kompas TV nasional update

KSAD Jenderal Andika Perkasa Berpeluang Jadi The Next Panglima TNI, Ini Kata Pengamat

Kompas.tv - 6 Agustus 2021, 20:51 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 dan menjadi pertanyaan, siapakah yang akan menggantikan orang nomor satu di TNI ini?

Beberapa nama mencuat dan disebut berpeluang menjadi Panglima TNI.

Namun hingga kini DPR belum menerima nama calon yang dipilih presiden.

Merujuk pasal 13 ayat 2 undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, untuk mengangkat dan memberhentikan panglima, presiden harus mendapatkan persetujuan dari DPR.

Pada pasal 13 ayat 4, jabatan panglima dapat dijabat secara aktif oleh perwira tinggi aktif di tiap angkatan. Yang sedang atau pernah menjabat sebagai kepala staf angkatan.

Analis Pertahanan Lab 45, Andi Wijayanto menyebut jika pertimbangan untuk percepatan dalam mengatasi pandemi Covid-19, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa berpeluang menjadi “the next” Panglima TNI.

Sementara itu anggota Komisi I DPR dari fraksi Partai Nasdem, Muhammad Farhan menyebut jika menilik untuk pertimbangan Pilpres 2024, Marsekal Fadjar Prasetyo berpeluang menjadi Panglima TNI.

Di masa pandemi, banyak tentara diperlukan untuk keamanan warga dan negara.

Siapa pun yang akan terpilih menjadi Panglima TNI, sekali lagi harapan besar agar dapat meneruskan perjuangan memperkuat poros maritim Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x