Kompas TV nasional peristiwa

Apresiasi Perusahaan yang Lakukan Vaksinasi Pekerja, Menaker: Langkah Strategis Pulihkan Industri

Kompas.tv - 6 Agustus 2021, 16:06 WIB
apresiasi-perusahaan-yang-lakukan-vaksinasi-pekerja-menaker-langkah-strategis-pulihkan-industri
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (Sumber: Humas Kemnaker)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

MOJOKERTO, KOMPAS.TV - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi perusahaan yang menjalankan program vaksinasi Covid-19 bagi para pekerjanya.  

Ida menyebut, peran serta perusahaan dalam menangani pandemi ini merupakan bagian dari langkah pemulihan dunia industri. 

Dia menambahkan program vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan perusahaan kepada pekerjanya merupakan wujud nyata dalam menangani persoalan ketenagakerjaan.

Pernyataan ini dia sampaikan saat meninjau pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong Covid-19 untuk pekerja/buruh PT Ittihad Rahmat Utama (MPS Trowulan) di Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (6/8/2021). 

"Vaksinasi Covid-19 untuk pekerja menjadi bagian dari langkah-langkah strategis untuk memulihkan dan memajukan dunia industri," kata Ida dalam keterangan tertulis, Jumat. 

Menurut penjelasannya, pandemi Covid-19 telah melumpuhkan berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Termasuk, lanjut Ida, membuat dunia usaha mengalami tekanan yang besar dan membuat tingkat penghasilan masyarakat menjadi menurun. 

Baca Juga: Wow, Vaksin China Akhirnya Mampu Membuat Antibodi untuk Melawan Covid-19 Varian Delta

Melihat situasi tersebut, dia menekankan perlu adanya peningkatkan kolaborasi antara pemerintah, pengusaha, dan pekerja/buruh, agar dapat mengatasi tantangan ketenagakerjaan, dengan semangat saling peduli, optimis, dan bersama-sama bangkit dari dampak pandemi Covid-19. 

Dia berharap melalui vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara massal di berbagai elemen masyarakat dan khususnya bagi pekerja, imunitas di kelompok masyarakat dapat terbentuk.

Sehingga penularan Covid-19 dapat dihentikan dan Indonesia dapat keluar dari masa pandemi ini. 

Meski demikian, Menaker tetap mengingatkan kepada pekerja yang sudah mendapatkan vaksin untuk tetap dapat menjalankan protokol kesehatan secara disiplin. 

Para pekerja diharuskan tetap selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan menjaga jarak.

Mengingat vaksin tidak dapat tak membuat seseorang kebal 100 persen dari Covid-19, namun vaksinasi merupakan bagian dari upaya menambah imunitas. 

"Saya tidak henti-hentinya mengingatkan. Walaupun pekerja sudah divaksin, tapi harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," tegas Ida. 

Baca Juga: Puan Maharani Kembali Sentil Pemerintah, Kali Ini  Soal Stok Vaksin



Sumber : Kompas TV/Laman Kementerian Ketenagakerjaan

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.