Kompas TV nasional peristiwa

Pastikan Vaksinasi Covid-19 di Solo Raya Lancar, Luhut Janji Terus Dorong Pasokan Vaksin ke Daerah

Kompas.tv - 6 Agustus 2021, 13:26 WIB
pastikan-vaksinasi-covid-19-di-solo-raya-lancar-luhut-janji-terus-dorong-pasokan-vaksin-ke-daerah
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berkunjung ke wilayah Solo Raya, Kamis (5/8/2021). 

Kunjungannya bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin itu dimaksudkan untuk mengecek kesiapan Sentra Vaksinasi di 3 Wilayah Aglomerasi Solo Raya yaitu Boyolali, Surakarta, Sragen, dan Klaten.  

Luhut menargetkan vaksinasi Covid-19 di Solo Raya harus mencapai sebanyak-banyaknya pada akhir Agustus ini. 

“Target vaksinasi kami bersama Menkes untuk Solo Raya pada akhir bulan ini dapat mencapai sebanyak-banyaknya masyarakat," kata Luhut dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/8/2021). 

Untuk dapat mendukung percepatan vaksinasi di wilayah Solo Raya tersebut, Luhut berjanji akan terus memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 hingga ke daerah-daerah. 

"Kami akan terus mendorong pasokan vaksin ke wilayah-wilayah yang membutuhkan,” dia menegaskan. 

Selain mengunjungi sentra vaksinasi, Menko Luhut dan Menkes Budi juga mengunjungi tempat Isolasi Terpusat (Isoter) di 3 Wilayah Aglomerasi Solo Raya tersebut. 

Seperti mengunjungi Asrama Haji Donohudan yang saat ini dijadikan tempat Isolasi Terpusat, RS Darurat, dan juga melayani vaksinasi bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga: Luhut Targetkan Vaksinasi Solo Raya Rampung September

Kemudian tinjauan dilanjutkan ke Sentra Vaksin di SMA 1 Solo yang melayani vaksinasi bagi siswa-siswi SMA, Isoter di SDN Cemara 2 Solo, Isoter Techno Park Sragen, GOR Gelar Sena Klaten untuk Isoter Pria dan Rumah Ret-Ret Panti Semedi untuk Isoter Wanita.

Luhut mengungkapkan engecekan tempat Isoter di Solo Raya ini juga sebagai tindak lanjut dari Testing dan Tracing yang sedang digencarkan di tiap-tiap wilayah Jawa dan Bali. 

“Saat ini, kita bersepakat, dibantu juga oleh Guru Besar dari UI, UGM, dan Unair, bahwa hal yang akan dicapai oleh pengendalian Covid-19, hal ini dapat dicapai melalui 3M, 3T, serta vaksinasi,” jelasnya. 

Dalam kunjungannya di Kota Solo, Luhut  juga menyempatkan mengunjungi Pasar Klewer untuk melakukan dialog bersama pedagang.

Menko Marves ini mengingatkan agar pedagang untuk terus taat dengan protokol kesehatan, tetap memakai masker, menjaga jarak, serta segera melakukan vaksinasi.

“Dengan disiplin masyarakat yang baik, harapannya ke depan sudah bisa terjadi pelonggaran pelan-pelan agar para pedagang bisa bergerak, tetapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” Luhut menegaskan. 

Baca Juga: Luhut Sebut Pembukaan Sektor Ekonomi Tergantung Capaian Vaksinasi, 3M dan 3T



Sumber : Kompas TV/Laman Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.