Kompas TV nasional peristiwa

Ekonomi Tumbuh di Kuartal II, Ketua DPR Sebut Penanganan Covid-19 yang Efektif Jadi Faktor Kunci

Kompas.tv - 6 Agustus 2021, 12:30 WIB
ekonomi-tumbuh-di-kuartal-ii-ketua-dpr-sebut-penanganan-covid-19-yang-efektif-jadi-faktor-kunci
Ketua DPR Puan Maharani (Sumber: KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan faktor kunci terjadinya pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II Tahun 2021 yang mencapai 7,07 persen secara tahunan.

Menurut penilaian Puan, penanganan Covid-19 yang efektif menjadi kunci dalam pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

“Keberhasilan penanganan Covid-19 menjadi kunci pertumbuhan ekonomi ke depan,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Jumat (4/8/2021). 

Pada kuartal II 2021 tersebut, kata dia, aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat telah mulai berjalan. Sehingga kegiatan perekonomian nasional juga bertumbuh.

Namun, Mantan Menko PMK ini menekankan meningkatnya kegiatan masyarakat tersebut juga harus disertai penanganan pandemi Covid-19 yang efektif. 

Adapun yang dimaksud yakni, seluruh lapisan masyarakat harus disiplin dalam mengimplementasikan protokol kesehatan, tak hanya itu, perlindungan melalui vaksin Covid-19 juga harus semakin luas.

Lebih lanjut, Puan juga menyinggung terkait data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut konsumsi rumah tangga menyumbang hampir separuh pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021. 

Baca Juga: Menko Perekonomian: Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II-2021 Tertinggi Sejak Krisis Subprime Mortgage

Menurutnya, pemerintah perlu menjaga capaian ini dengan juga tetap menjaga daya beli masyarakat dan program pemulihan ekonomi nasional.

"Sejumlah Program Pemulihan Ekonomi Nasional agar terus dilaksanakan seperti bantuan tunai ke masyarakat,  bantuan sembako, bantuan modal kerja usaha, serta dukungan pemulihan kepada dunia usaha," jelasnya.

Sementara dari sisi belanja pemerintah, Puan menambahkan, perlu dipertajam untuk penanganan pandemi dan pemulihan sosial dan ekonomi masyarakat.

Termasuk penyerapan anggaran pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, dia juga memaparkan bahwa DPR bersama pemerintah menyusun kapasitas  fiskal RAPBN 2022 yang akan datang, agar dapat mengantisipasi ketidak pastian pandemi Covid-19 serta masih akan mengalokasikan program pemulihan ekonomi dan sosial akibat pandemi.

Dibertitakan Kompas.TV sebelumnya, berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2021 mencapai 7,07 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai hal itu menunjukkan mesin pertumbuhan ekonomi mulai pulih.

Sementara, jika dibandingkan dengan triwulan I-2021, pertumbuhan ekonomi triwulan II-2021 tercatat sebesar 3,31 persen.

Baca Juga: Perekonomian Global Membaik, Pertumbuhan Ekonomi Nasional Capai 7,07 Persen di Triwulan II-2021



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x