Kompas TV feature discography

5 Peristiwa Penting pada 6 Agustus: Amerika Serikat Jatuhkan Bom Atom di Nagasaki dan Hiroshima

Kompas.tv - 6 Agustus 2021, 04:00 WIB
5-peristiwa-penting-pada-6-agustus-amerika-serikat-jatuhkan-bom-atom-di-nagasaki-dan-hiroshima
Foto handout ini diambil pada 6 Agustus 1945 oleh Angkatan Darat AS dan dirilis oleh Hiroshima Peace Memorial Museum, menunjukkan asap berbentuk jamur dari ledakan bom atom yang dijatuhkan dari B-29 Enola Gay di atas Kota Hiroshima. Pada 73 tahun lalu, Agustus 1945, AS menjatuhkan bom Little Boy di Kota Hiroshima, Jepang, sebagai tahap akhir PD II yang menewaskan lebih dari 120.000 orang. Setelah Hiroshima, Kota Nagasaki menjadi sasaran berikutnya. (Sumber: AFP PHOTO/HIROSHIMA PEACE MEMORI)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Salah satu peristiwa penting yang terjadi pada 6 Agustus adalah bom atom milik Amerika Serikat (AS) yang dinamai Little Boy dijatuhkan di Hiroshima, Jepang.

Peristiwa tersebut menjadi sejumlah peristiwa penting lainnya baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang tercatat dalam sejarah dan terjadi pada 6 Agustus. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 peristiwa penting pada 6 Agustus:

Baca Juga: 5 Peristiwa Penting pada 5 Agustus: Dorr! Hotel JW Marriott Dibom hingga Gempa Dahsyat di Lombok

1. Raja Pertama Kasultanan Yogyakarta Lahir

Lukisan Sri Sultan Hamengkubuwono I (Sumber: Wikipedia)

Tanggal 6 Agustus 1717 menjadi tanggal lahir Raden Mas Sujana. 

Ia lahir di Kasunanan Kartasura, Hindia-Belanda saat itu atau kini dikenal sebagai Indonesia. 

Setelah dewasa, Raden Mas Sujana menyandang gelar Pangeran Mangkubumi. 

Ia lantas dikenal luas sebagai raja pertama di Kesultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengkubuwana I yang memerintah dari 1755 hingga 1792.

2. Serangan Bom Atom Amerika Serikat ke Jepang

Foto diambil pada kisaran 1948, menunjukkan kondisi Kota Hiroshima yang hancur luluh lantak, beberapa tahun setelah AS menjatuhkan bom atom di kota itu. Pada 73 tahun lalu, Agustus 1945, AS menjatuhkan bom Little Boy di Kota Hiroshima, Jepang, sebagai tahap akhir PD II yang menewaskan lebih dari 120.000 orang. Setelah Hiroshima, Kota Nagasaki menjadi sasaran berikutnya. (Sumber: (AFP PHOTO/FILES)

Amerika Serikat (AS) menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada 6 Agustus 1945, atau masuk tahap akhir Perang Dunia Kedua. 

AS menjatuhkan bom dengan persetujuan dari Britania Raya sebagaimana tertuang dalam Perjanjian Quebec.

Bom yang dijatuhkan merupakan bom atom uranium jenis bedil (Little Boy) di Hiroshima. 

Tiga hari kemudian, pada tanggal 9 Agustus, AS menjatuhkan bom plutonium jenis implosi (Fat Man) di Nagasaki.

Dalam kurun dua sampai empat bulan pertama setelah pengeboman terjadi, dampaknya menewaskan 90.000–146.000 orang di Hiroshima dan 39.000–80.000 di Nagasaki.

Pada bulan-bulan seterusnya, banyak orang yang tewas karena efek luka bakar, penyakit radiasi, dan cedera lain disertai sakit dan kekurangan gizi.

Di dua kota tersebut, sebagian besar korban tewas merupakan warga sipil meskipun terdapat garnisun militer besar di Hiroshima.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x