Kompas TV nasional peristiwa

Prediksi Joe Biden dan Desa Bedono yang Tenggelam Karena Abrasi

Jumat, 6 Agustus 2021 | 05:00 WIB
prediksi-joe-biden-dan-desa-bedono-yang-tenggelam-karena-abrasi
Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak yang tenggelam karen abrasi (Sumber: Kompas.com-)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Meski di tengah pandemi, makam Mbah Mudzakkir di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, banyak dikunjungi warga yang berziarah saat Lebaran lalu. 

Makam ini terbilang unik, sebab dikelilingi air laut. Meski wilayah  sekitarnya sudah terendam karena abrasi, namun makam ini tetap utuh sehingga  menimbulkan aura mistis tersendiri.

Untung, tokoh Masyarakat Desa Bedono Kecamatan Sayung Demak Jawa Tengah mengungkapkan, semula pemukiman di sekitar makam Mbah Mudzakkir dihuni 70 kepala keluarga (KK). Namun sejak 1999, warga mulai pindah rumah secara bertahap sebab air laut makin tinggi merendam rumah mereka. 

"Kini tinggal lima rumah yang ditinggali penduduk. Mereka tidak mau pindah. Alasannya macam macam," ungkap Untung seperti dikutip dari Kompas.com

Ada yang menyebut, mereka yang tidak mau pindah karena masih keturunan dari Mbah Mudzakkir. 

Memang, beberapa meter dari lokasi makam, pengunjung akan disuguhi oleh puing rumah penduduk yang masih mereka tinggali karena enggan berpisah dari lokasi tersebut.

Baca Juga: Pemancing Tenggelam Terseret Longsor Abrasi, Ditemukan Tewas 1 Kilometer Dari Lokasi Kejadian

Tidak heran, akses  menuju makam terapung yakni menggunakan sampan atau perahu bermesin diesel yang dikemudikan oleh penduduk lokal. 

Bedono adalah salah satu desa di Demak, yang harus tenggelam karena naiknya air laut ke daratan yang dikenal dengan istilah rob. 

Perubahan tata ruang Desa Bedono sudah diprediksi sejak lama. Dikutip dari jurnal GeoEco nomor 1 tahun 2015, berdasarkan riset yang dilakukan oleh mahasiswa dan staf pengajar di Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) UNS Solo, Jawa Tengah, dijelaskan bahwa ada beberapa perubahan permukiman di Desa Bedono.

Penulis : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


AIMAN

"Pedulilindungi" Bisa Kontrol Pandemi ? | Aiman

Selasa, 21 September 2021 | 14:45 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:49
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19