Kompas TV regional berita daerah

Kapal Pengangkut Beras Bantuan Dihantam Ombak, Pos Dan Bulog Pastikan Ada Pengiriman Kembali

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 16:35 WIB
kapal-pengangkut-beras-bantuan-dihantam-ombak-pos-dan-bulog-pastikan-ada-pengiriman-kembali
Kapal Pembawa Bantuan Sosial Tenggelam terkena Ombak di Boru (Sumber: Dok. Istimewa)
Penulis : Herwanto

BURU, KOMPAS.TV - Kapal yang mengangkut Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk diserahkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Teluk Kaiely, Kabupaten Buru, Maluku sempat tenggelam diterjang ombak. Sebanyak 369 karung beras atau setara 3.690 kg sempat rusak.

Beruntung tidak ada korban dari peristiwa kapal tenggelam itu. Dua kru kapal dan beberapa orang pengangkut selamat. Sayangnya, semua beras beras basah karena kantung dijahit dengan jahitan biasa, bukan jahitan press.

Kepala Regional 6 Pos Indonesia Istiqomah Syariah mengatakan peristiwa itu terjadi pada Minggu, 1 Agustus 2021. Dua kapal speed boat yang mengangkut beras tersebut berangkat dari Desa Namlea. 

"Cuaca saat berangkat dari Desa Namlea masih bagus. Ketika kapal mau sandar di Desa Kaki Air, gelombang sudah tinggi dan angin kencang yang mengakibatkan kapal tersebut tenggelam," kata Istiqomah, saat dihubungi. 

BSB tersebut tadinya akan disalurkan bersamaan dengan Bantuan Sosial Tunai (BST) di lima desa di Kecamatan Teluk Kaiely. Rencananya akan disalurkan pada Kamis, 5 Agustus 2021. 

Beruntung, koordinasi antara Pos Indonesia dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog), selaku penyedia BSB berjalan lancar. Bersama kantor kecamatan juga, ratusan beras yang rusak tersebut kini sudah diganti. 

Mulai hari ini, 3 Agustus, beras yang baru sudah didistribusikan kembali menggunakan menggunakan kapal feri dengan tujuan Desa Kaili. Lalu akan dipisah dan dilanjutkan dengan kapal kecil menuju titik penyaluran. 

Sebagai informasi, Regional 6 membawahi wilayah Sulawasi, Maluku, Papua, Papua Barat, dan Kalimantan. Hingga 3 Agustus pukul 09.00 WITA, alokasi BSB untuk wilayah 6 sebanyak 898.849 KPM. 

Yang sudah menerima BSB sebanyak 368.412 KPM atau 40,99 persen. Masing-masing KPM mendapatkan beras 10 kg. Pos Indonesia menyalurkan BSB bersamaan dengan BST.

Supaya KPM bisa menerima BSB dan BSB, para KPM harus sudah terdafar dalam Daftar Nominatif (Danom). Juru bayar/salur akan mencocokan KTP dan KK penerima. Jika ada nama KPM dalam Danom, maka KPM berhak menerima BSB dan BST.

"KPM menandatangani Danom, kemudian KPM difoto menggunakan aplikasi PGC (Pos Giro Cash) yang datanya tercatat pada sistem kami secara real-time," kata Tika, biasa dia disapa.

Berhubung saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19, Tika memastikan para petugas juru bayar mematuhi protokol kesehatan ketika mereka turun ke lapangan. Sebab, penyaluran BST dan BSB dilakukan secara door to door ke rumah KPM.

"Ada juga sebagian di beberap titik dekat tempat tinggal KPM. Petugas juru bayar sudah dilengkapi masker, handsanitizer, handscoon, dan sudah divaksin," kata Tika.

Sementara itu, untuk penyaluran BST hingga saat ini sudah tersalurkan kepada 749.457 KPM, atau 70.34 persen dari total alokasi penerima 1.065.428 KPM.

Dalam proses penyaluran BSB dan BST, tantangan dan hambatan kerapa terjadi mengingat wilayah regional 6 memiliki kondisi geografis yang menantang. 

Misalnya, di wilayah Kabupaten Buru, Buru Selatan, dan Kabupaten Seram bagian timur. Ombak besar menjadi tantangan besar bagi para pelaku juru bayar. Ketinggian ombak bisa mencapai 2,5 hingga empat meter. 

Khusus di Buru Selatan, setelah tiba dengan kapal speed boat, petugas juru byara melanjutkan perjalanan dengan angkutan darat menuju kantor desa. Lalu diteruskan dengan berjalan kaki menuju titik pembayaran. 

"Sedangkan di Tarakan wilayah Krayan menggunakan pesawat Angkatan Udara (AU) yang bisa mengangkut dengan waktu tunggu (waiting list) yang tidak menentu," ujar Tika.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.