Kompas TV nasional peristiwa

Dukung Program Percepatan Vaksinasi, Ketua MPR Optimis Herd Immunity Tercapai Tahun Ini

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 14:58 WIB
dukung-program-percepatan-vaksinasi-ketua-mpr-optimis-herd-immunity-tercapai-tahun-ini
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Sumber: Istimewa)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Ketua MPR Bambang Soesatyo atau akrab yang disapa Bamsoet ini mengungkapkan mendukung penuh upaya pemerintah dalam menangani Covid-19 di Tanah Air.

Salah satunya, kata Bamsoet, yakni langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menggenjot vaksinasi Covid-19 nasional dengan target pada Agustus ini mencapai 2 juta dosis per hari.

Dengan adanya upaya percepatan vaksinasi tersebut, Bamsoet mengaku optimis herd immunity atau kekebalan komunitas bisa tercapai dalam tahun ini.

"Saya sangat mendukung apa yang telah dikerjakan pemerintah dalam penanganan Covid-19. Arah dan kebijakan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi sangat jelas,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/8/2021). 

Bamsoet menuturkan memperoleh penjelasan terkait strategi untuk menangani Covid-19 yang dikerjakan pemerintah dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat berkunjung di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Selasa (3/8/20210).

Dia juga mengaku telah memperoleh penjelasan yang hampir serupa saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: Menlu Sebut 3 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Didatangkan dari Perancis Akhir Agustus

Lebih lanjut, Bamsoet menuturkan dari laporan Kementerian Kesehatan melaporkan, sepanjang Agustus 2021 ini Indonesia akan mendapatkan kiriman 70 juta dosis vaksin Covid-19 dari berbagai merek.

Pada 1 Agustus 2021, kata dia, Indonesia telah menerima 3,5 juta dosis vaksin Moderna yang berasal dari pemerintah Amerika Serikat, hasil kerjasama multilateral dengan skema COVAX Facility.

Sementara pada 2 Agustus 2021, Indonesia menerima 620 ribu dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan hibah Kerajaan Inggris.
 
"Sebelumnya, Indonesia juga telah menerima 4.500.160 dosis vaksin dari Amerika Serikat dalam 2 tahap. Tahap pertama 3.000.060 dosis vaksin dan tahap kedua 1.500.100. Maka jumlah vaksin Moderna, dukungan kerja sama Pemerintah AS melalui COVAX Facility yang telah diterima Indonesia adalah 8.000.160 dosis vaksin siap pakai," jelasnya. 

Mantan Ketua DPR ini juga menekankan saat ini Pemerintah terus meyakinkan, bahwa vaksin efektif untuk mengurangi tingkat keparahan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet juga menilai kebijakan gas dan rem yang selalu dikedepankan oleh Presiden Jokowi sudah tepat untuk situasi Indonesia saat ini. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Pemprov Diberi Kewenangan Distribusi Vaksin: Kami Ibaratnya Hanya Tukang Pos

“Tentunya kita harus mengerti bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama, tapi juga masyarakat tidak kehilangan mata pencahariannya," ucapnya. 

Bamsoet mengaku, pihaknya mendukung penuh pemberian vaksin COVID-19 dosis ke-3 atau booster kepada para tenaga kesehatan (nakes) agar bisa memberikan perlindungan lebih baik.
 
Tak hanya itu, Bamsoet mengungkapkan, MPR juga mendukung penuh kebijakan pemerintah yang terus memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat, baik yang terpapar ataupun terdampak pandemi covid-19.

Secara total, pemerintah telah menyiapkan Rp 203,9 triliun untuk program perlindungan sosial dan Rp 1,3 triliun untuk insentif perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dia menambahkan pemerintah juga menyiapkan paket bantuan vitamin dan obat bagi pasien isolasi mandiri di berbagai wilayah berisiko tinggi di Jawa dan Bali. 

Baca Juga: Ini Sasaran Program Vaksinasi Covid-19 Buat Masyarakat yang Belum Punya NIK



Sumber : Kompas TV/Laman MPR RI

BERITA LAINNYA



Close Ads x