Kompas TV internasional kompas dunia

Kota di Negeria Terancam Tenggelam, Mirip Seperti Kasus di Indonesia?

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 14:56 WIB
kota-di-negeria-terancam-tenggelam-mirip-seperti-kasus-di-indonesia
Banjir yang melanda Jalan Ige di Aboru, Lagos, Nigeria 6 Juli 2021 lalu. (Sumber: GettyImages)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

LAGOS, KOMPAS.TV - Nigeria dikenal sebagai negara langganan banjir di Afrika dengan beberapa wilayahnya kini menjadi tempat yang tak layak huni karena terancam tenggelam.

Misalnya Lagos, kota dataran rendah di pantai barat Nigeria, yang pada pertengahan Juli lalu mengalami banjir hebat dan terburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Melansir All Africa, banjir di Lagos tak hanya menelan korban jiwa, tapi juga mengakibatkan banyak orang kehilangan rumah dan menenggelamkan tanah reklamasi yang merupakan lingkungan berpenghasilan rendah.

Keadaan pun semakin bertambah buruk mengingat sistem drainae di Lagos sangatlah rumit, di mana banyak saluran air yang tersumbat.

Baca Juga: Soal Prediksi Jakarta akan Tenggelam, Megawati Ingin Ada Sidak Gedung di Sudirman-Thamrin

"Masalahnya diperparah oleh sistem drainase yang tidak memadai dan tidak terawat serta pertumbuhan kota yang tidak terkendali," ucap Institute of Development Studies dalam sebuah studinya.

Bahkan, pada akhir abad ini, kawasan itu diprediksi tidak dapat dihuni lagi karena adanya kenaikan permukaan laut akibat perubahan iklim.

Sementara itu, Badan Hidrologi Nigeria (NISHA) pun memperkirakan banjir yang lebih dahsyat akan datang September 2021 nanti.

Pakar lingkungan Nigeria, Seyifunmi Adebote menjelaskan bahwa kondisi tersebut sejatinya disebabkan oleh pemanasan global dan tindakan manusia sendiri.

Adebote mencontohkan kegiatan penambangan pasir untuk kepentingan konstruksi, yang menjadi penyumbang utama erosi garis pantai di Lagos.



Sumber : Kompas TV/All Africa

BERITA LAINNYA



Close Ads x