Kompas TV nasional politik

Sering Kedatangan TKA China, Politikus PKB Desak Pemerintah Perhatikan Kondisi Sulawesi Utara

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 13:54 WIB
sering-kedatangan-tka-china-politikus-pkb-desak-pemerintah-perhatikan-kondisi-sulawesi-utara
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim (Sumber: Dokumen pribadi)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Beberapa wilayah di luar pulau Jawa-Bali beberapa waktu belakangan ini mengalami kenaikan angka positif covid-19 yang cukup signifikan, salah satunya di Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini diperparah dengan minimnya alat swab antigen di seluruh kota dan kabupaten di Sulawesi Utara.

"Alat swab antigen merupakan salah satu piranti penting untuk melakukan tracking guna mengantisipasi penyebaran virus lebih luas. Tentu hal ini akan menjadi kendala yang cukup berarti bagi penanganan Covid-19," kata Anggota DPR RI Fraksi PKB Luqman Hakim kepada KOMPAS TV, Kamis (5/8/2021). 

Selain itu, dirinya juga mendapatkan laporan kalau di Sulawalesi Utara proses vaksinasi juga mengalami kendala karena kurangnya jumlah vaksin yang bisa diakses masyarakat. 

Baca Juga: Anggota Komisi IX Desak Pemerintah untuk Percepatan Uji Klinis Vaksin Merah Putih

Menurut dia, banyak warga yang ingin melakukan vaksinasi tapi tidak mendapatkan pelayanan dikarenakan stok vaksin yang kosong di puskemas-puskesmas. 

"Saya melihat, masyarakat Sulawesi Utara memiliki kesadaran tinggi untuk mengikuti program vaksinasi covid-19. Sayangnya, mereka harus menunggu tanpa kejelasan waktu untuk bisa mendapatkan vaksin," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu meminta kepada pemerintah pusat agar segera memberikan bantuan alat swab antigen dan menggenjot vaksinasi agar penanganan Covid-19 di sana maksimal. 

"Penting diingat bahwa Sulawesi Utara sering menjadi transit warga negara dan tenaga kerja asing (TKA) China sehingga cukup rentan terhadap kemungkinan penyebaran virus Covid-19," kata dia. 

Ia berharap pemerintah daerah agar tidak kendor dan terus mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Tentunya di tengah kejenuhan masyarakat yang meluas ini pemerintah harus hadir memberikan harapan bahwa pandemi ini akan semakin terkendali. 

Baca Juga: Tes Swab Acak Pedagang Pasar Tradisional, Ditengah Pelonggaran PPKM Level Empat

"Menggalakan vaksinasi adalah cara sehingga bisa tercapai herd imunity untuk meminimalisasi dampak covid 19. Karena itu, tolong pemerintah pusat segera turun tangan membantu pengadaan alat swab antigen dan vaksin ke Sulawesi Utara," kata dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.