Kompas TV nasional kesehatan

Berikut 9 Rekomendasi Teh Herbal untuk Hilangkan Kecemasan dan Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 12:59 WIB
berikut-9-rekomendasi-teh-herbal-untuk-hilangkan-kecemasan-dan-membantu-tidur-lebih-nyenyak
Teh Linden adalah teh herbal atau Infusion yang dibuat dari daun dan bunga tumbuhan linden, berasal dari genus tanaman Tilia (Sumber: Shutterstock/Dr. Axe)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teh herbal dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Selama ribuan tahun, orang telah menggunakan teh herbal untuk meningkatkan kesehatan mereka dan untuk sekadar menikmati. Penelitian mendukung bahwa beberapa herbal dapat memiliki beberapa efek kuat pada tingkat stres kita dan, sebagai hasilnya, kesehatan mental dan fisik kita.

Lalu, bagaimana teh herbal membantu mengurangi stres?

Secara umum, teh herbal mengandung beberapa jenis senyawa anti-inflamasi alami yang mungkin bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti antioksidan, yang membantu melindungi tubuh dari stres, senyawa antivirus dan antibakteri herbal yang mengurangi peradangan, serta herbal yang mengurangi risiko pembekuan darah dan tekanan darah tinggi.

Minum secangkir teh herbal setiap hari dapat membantu melindungi kesehatan Anda dalam jangka panjang dan mengurangi tingkat stres.

Penelitian dari 2014 menunjukkan bahwa beberapa teh herbal – khususnya, Melissa, atau ekstrak lemon balm – dapat menurunkan kadar kortisol, hormon stres, dalam tubuh.

Sebuah studi 2018 menunjukkan  bahkan hanya dengan menghirup aroma teh – khususnya teh hitam – dapat membantu menurunkan tingkat stres dan menghasilkan suasana hati yang lebih tenang.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Kantong Teh Bekas, Bukan Sekedar Limbah Dapur

Kendati begitu, setiap orang memiliki selera berbeda-beda, karena juga dipengaruhi tingkat stres dan selera.

Menemukan teh yang tepat untuk Anda mungkin memerlukan beberapa percobaan, atau Anda dapat menyimpan berbagai macam teh di lemari Anda untuk memenuhi kebutuhan dan selera yang berbeda.

Selain itu, pastikan berbicara dengan dokter Anda sebelum memperkenalkan teh herbal (atau suplemen herbal dalam hal ini!) untuk diet Anda.

Karena ada juga teh atau obat-obatan yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan. Misalnya, chamomile yang berguna sebagai pengencer darah ringan tapi juga dapat berdampak buruk jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Teh herbal umumnya dianggap aman bagi kebanyakan orang, tetapi jenis tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi. Sebelum mencoba teh atau menambahkannya ke rutinitas Anda, teliti kemungkinan interaksi obat atau bagaimana hal itu dapat memengaruhi kondisi kesehatan tertentu.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk pembuatan, dan periksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari teh ini.

Baca Juga: Manfaat Teh Rosemary untuk Kesehatan

Sebagai alternatif, berikut 9 pilihan teh versi Healthline yang dapat menghilangkan stres dan membantu kesehatan otak:

1. Lemon

Selama ribuan tahun, orang telah menggunakan ramuan lemon untuk mengurangi stres. Lemon tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, krim, dan sebagai teh. Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa lemon dapat membantu relaksasi, meningkatkan suasana hati, dan meredakan gejala stres.

Studi tahun 2014 menunjukkan bahwa makanan yang mengandung lemon dapat memperbaiki tingkat stres dan fungsi kognitif pada orang dewasa muda.

2. Teh linden untuk kegelisahan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x