Kompas TV nasional peristiwa

80 Ton Oksigen dari Didistribusikan dari Jakarta ke Surabaya untuk Bantu Penanganan Covid-19

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 12:31 WIB
80-ton-oksigen-dari-didistribusikan-dari-jakarta-ke-surabaya-untuk-bantu-penanganan-covid-19
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menata tabung oksigen untuk cadangan keperluan rumah sakit yang membutuhkan, yang disiapkan di Posko Logistik Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Gedung Wanita, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/7/2021). (Sumber: Kompas.id/Rony Ariyanto Nugroho)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 80 ton oksigen yang didatangkan dari Singapura diangkut dari Jakarta menuju Surabaya, Kamis (5/8/2021). 

Oksigen tersebut diangkut menggunakan 4 gerbong ISO Tank yang masing-masing berisi 20 ton oksigen oleh kereta api PT KAI (Persero) yang diberangkatkan dari Stasiun Tanjung Priok menuju Stasiun Kalimas Surabaya. 

Pendistribusian oksigen ini merupakan salah satu program penanganan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI. Oksigen ini kelak akan dibagikan kepada pasien Covid-19 di rumah sakit maupun tempat isolasi. 

Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono, dalam sambutannya mengatakan, sebelum pandemi, daerah Jawa-Bali membutuhkan oksigen sebanyak 400 ton sehari. Namun, angka ini melonjak tajam sebanyak 4-5 kali dari kebutuhan sebelumnya saat pandemi Covid-19. 

"Dalam evaluasi yang kami lakukan, tidak mudah dalam mendistribusikan dan pengadaaan oksigen ke seluruh rumah sakit," kata Dante, dikutip dari siaran pers PT KAI Daop 1 Jakarta, Kamis (5/8/2021).

Baca Juga: Begini Modus Tersangka Sulap Tabung Apar Jadi Tabung Oksigen

Ia turut mengapresiasi dan berterimakasih kepada PT KAI yang telah membantu pendistribusian ini. 

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, berharap layanan pengiriman secara gratis ini dapat membawa manfaat sebaik-sebaiknya bagi masyarakat dan penanganan Covid-19. 

PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan berbagai persiapan guna memastikan proses pengangkutan 80 ton oksigen berjalan lancar. 

Sebelumnya, KAI juga telah mendistribusikan 128 ton oksigen yang merupakan bantuan dari pihak swasta pada bulan lalu. 

Didiek mengatakan akan terus mendukung program pemerintah dalam melawan Covid-19. Selain melalui pengiriman gratis, PT KAI juga memggelar vaksinasi di sejumlah stasiun.

"Secara tidak langsung, kami optimis bahwa Pemerintah memberikan dukungan penuh dalam mendorong kereta api menjadi moda transportasi logistik yang unggul dan dapat diandalkan," ujar Didiek. 

Baca Juga: Polisi Sita 114 Tabung Pemadam yang Diubah Jadi Tabung Oksigen

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x