Kompas TV nasional berita utama

Soal Prediksi Jakarta akan Tenggelam, Megawati Ingin Ada Sidak Gedung di Sudirman-Thamrin

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 11:33 WIB
soal-prediksi-jakarta-akan-tenggelam-megawati-ingin-ada-sidak-gedung-di-sudirman-thamrin
Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. (Sumber: KOMPAS/YUNIADHI AGUNG)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, meminta agar gedung-gedung tinggi di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin disidak. 

 

Permintaan ini menyusul pernyataan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, yang menyebut Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan. 

“Saya sudah ngomong capek-capek dari zaman (Gubernur DKI) Sutiyoso kalau tidak salah, gedung-gedung di Thamrin-Sudirman disidak. Apakah dia sudah pakai sistem tahan gempa bangunan,” kata Megawati dalam pembukaan acara Sistem Peringatan Dini Multi Bahaya Geo-Hidrometeorologi DPP PDIP, Rabu (4/8/2021).

Megawati mengatakan, dirinya tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penyidakan karena sidak bangunan gedung merupakan kewenangan pemerintah daerah. 

Baca Juga: Joe Biden Bilang Jakarta Akan Tenggelam dalam 10 Tahun, Megawati Lapor ke Jokowi

Ia mengimbau, peringatan ini menjadi renungan bersama dari mulai para pejabat negara hingga tokoh masyarakat di Ibu Kota. 

"Spesifik, loh, dia bilang Indonesia kalau tidak ini, dia bilang akan tenggelam 10 tahun lagi. Apa enggak garuk-garuk kepala. Apakah yang harus kita lakukan?" kata Megawati dalam keterangan tertulis, Rabu.

Megawati mengatakan telah melaporkan penyataan Joe Biden kepada Presiden Joko Widodo dan memintanya menanggapi dengan serius. Ia turut mengajak elite Indonesia bicara mengenai isu yang sama. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.