Kompas TV regional berita daerah

Upaya Tracing Rendah dan Kepatuhan Prokes Menurun, Ahli Epidemiologi Sarankan Pemkot Tambah Petugas

Kamis, 5 Agustus 2021 | 10:25 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level empat di Kota Banjarmasin menyumbang sebaran covid-19 sebanyak 1.130 kasus.

Kasus ini dipicu akibat rendahnya pelacakan kasus atau tracing yang hanya diangka 0.7 jauh dari angka minimal nasional sebanyak 4.2 permasalahan ini justru berdampak buruk pada seseorang yang bisa menjadi pembawa virus dan penularan terus terjadi tanpa terdeteksi.

Baca Juga: Bantuan untuk Warga Isolasi Mandiri, Babinsa Kodim Banjarmasin Salurkan Secara Door to Door

Kendati rendahnya tracing ini diklaim Pemerintah Kota Banjarmasin lantaran banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar covid-19 yang tercatat sebanyak 186 kasus. Namun demikian Pemerintah Kota Banjarmasin menyebut sudah merekrut 104 surveilan untuk disebar ke 52 kelurahan dalam melakukan pelacakan kasus.

“Pelacakan turun sampai angka 0.7, artinya satu orang yang terkena positif kita mentracingnya 61 orang berikutnya baru dapat satu, harusnya seperti kemarin satu orang ditracing minimal dapat empat orang lah,” ucap Ibnu Sina.

Baca Juga: Bersedia Divaksin, Satpam Wanita di Banjarmasin Berharap Pandemi Segera Berlalu

Ahli Epidemiologi Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Husaini, menilai rendahnya tracing bukan jadi alasan akibat banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar covid-19.

Sebab menurutnya masih ada tenaga aparat TNI - Polri beserta Satpol PP dan relawan, termasuk ASN yang turut dilibatkan dalam menjalankan 3T yaitu tracing, tracking dan treatment dalam penelusuran suspek dengan harapan dapat menyentuh di lingkungan RT.

“ini sangat disayangkan, tadi disampaikan kadinkes beberapa nakesnya terpapar, usulannya supaya menambah, entah dari kontrak, entah relawan dibantu TNI-Polri, satpol PP dan sebagainya,” ungkap  Husaini.

Selain itu lemahnya kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan juga menjadi sorotan, sebab masih ditemukan sebanyak 686 orang terjaring razia penegakan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker.

Penulis : KompasTV Banjarmasin

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Ormas Di Cianjur Bentrok, 1 Tewas

Senin, 27 September 2021 | 13:36 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19