Kompas TV nasional kesehatan

Perlu Diingat, Vaksinasi Tidak Cukup Hentikan Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 10:29 WIB
perlu-diingat-vaksinasi-tidak-cukup-hentikan-pandemi-covid-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penelitian terbaru mengungkapkan, hanya melakukan vaksinasi tidak cukup untuk menghentikan laju penyebaran Covid-19, terutama kemunculan varian baru.

Dalam laporan yang terbit di Nature Scientific Reports, Jumat (30/7/2021), sebuah tim peneliti mengingatkan untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

"Kami menemukan bahwa tingkat vaksinasi yang cepat dapat menekan munculnya strain yang resisten," tulis tim penelitian tersebut.

"Namun, ketika intervensi non-farmasi dilakukan saat sebagian besar masyarakat telah divaksinasi, kemungkinan munculnya varian virus yang resisten akan meningkat," sambungnya.

Seperti halnya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) yang mengeluarkan imbauan tetap memakai masker kepada orang yang sudah menerima vaksin.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Pemprov Diberi Kewenangan Distribusi Vaksin: Kami Ibaratnya Hanya Tukang Pos

Perlu diketahui, intervensi non-farmasi atau intervensi non-farmakologis (NPI) adalah semua jenis intervensi kesehatan yang bukan obat.

Terkait Covid-19, intervensi non-farmasi meliputi kebiasaan tidak memakai masker, berkerumun, dan sebagainya yang bisa meningkatkan penularan virus.

Oleh karenanya, hasil penelitian itu menyarankan pemerintah sebagai pembuat kebijakan dan tiap individu untuk memperhatikan dampak intervensi non-farmasi, di samping juga mengurangi tingkat penularan selama periode vaksinasi.

Peneliti dari Institut Sains dan Teknologi Austria yang terlibat dalam riset tersebut, Simon Rella pun mengatakan bahwa banyak orang sudah divaksinasi tapi masih melakukan intervensi non-farmasi.



Sumber : Kompas.com/Nature Scientific Reports

BERITA LAINNYA



Close Ads x