Kompas TV internasional kompas dunia

AL Inggris Laporkan Pembajakan Singkat Misterius Kapal Tanker Aspal oleh Kelompok Bersenjata Iran

Kamis, 5 Agustus 2021 | 05:47 WIB
al-inggris-laporkan-pembajakan-singkat-misterius-kapal-tanker-aspal-oleh-kelompok-bersenjata-iran
Dalam foto yang diambil pada 14 Juni 2012 ini tampak sebuah kapal tanker yang kemudian menjadi kapal tanker aspal Asphalt Princess yang mengalami pembajakan singkat di Teluk Oman pada Selasa (3/8/2021) malam. (Sumber: Steve Geronazzo via AP)

FUJAIRAH, KOMPAS.TV – Angkatan Laut Inggris menyatakan, para pembajak yang menduduki sebuah kapal tanker aspal di lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Oman, telah meninggalkan kapal yang disasar pada Rabu (4/8/2021).

Rekaman lalu lintas radio pelayaran mengungkap, pembajakan itu dilakukan oleh sekelompok orang bersenjata Iran.

Melansir Associated Press pada Rabu (4/8/2021), malam sebelumnya, Operasi Perdagangan Maritim Angkatan Laut Inggris menggambarkan insiden itu sebagai “kemungkinan pembajakan”. Insiden yang dimulai secara misterius itu segera berakhir dengan misterius pula.

Petunjuk tentang apa yang terjadi di atas kapal tanker aspal berbendera Panama bernama "Asphalt Princess" itu mulai terungkap lewat rekaman radio maritim.

Rekaman itu berhasil didapatkan oleh perusahaan harga komoditas Argus Media. Dalam rekaman itu, seorang awak kapal terdengar menginformasikan penjaga pantai Emirat bahwa 5 – 6 orang Iran bersenjata telah naik ke kapal tanker itu.

Baca Juga: Ditemukan Koin Arab Kuno yang Diyakini Dapat Ungkap Pembajakan Kapal Jamaah Haji Ratusan Tahun Silam

“Orang-orang Iran telah naik ke kapal dengan amunisi,” kata seorang awak kapal. “Kami sekarang, hanyut. Kami tak bisa menginformasikan secara pasti waktu kedatangan kami di Sohar.”

Sohar merupakan pelabuhan di Oman yang menurut data pelacakan kapal menjadi tujuan "Asphalt Princess". Tidak jelas apakah para awak kapal, yang diidentifikasi terdiri dari warga India dan Indonesia, berada dalam keadaan bahaya.

Pada Selasa (3/8/2021), patroli perdagangan maritim Angkatan Laut Inggris melaporkan adanya kemungkinan pembajakan di Teluk Oman. (Sumber: AP Graphic)

Otoritas setempat menyatakan, pada Selasa (3/8/2021) malam, para pembajak naik ke Asphalt Princess yang tengah berlayar di lepas pantai Fujairah.

Kantor berita resmi militer Oman telah menerima laporan bahwa Asphalt Princess telah dibajak, dan segera mengerahkan pesawat patroli maritim Angkatan Udara Kerajaan dan kapal angkatan laut “untuk berkontribusi mengamankan perairan internasional” itu.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:05
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19