Kompas TV internasional kompas dunia

AL Inggris Laporkan Pembajakan Singkat Misterius Kapal Tanker Aspal oleh Kelompok Bersenjata Iran

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 05:47 WIB
al-inggris-laporkan-pembajakan-singkat-misterius-kapal-tanker-aspal-oleh-kelompok-bersenjata-iran
Dalam foto yang diambil pada 14 Juni 2012 ini tampak sebuah kapal tanker yang kemudian menjadi kapal tanker aspal Asphalt Princess yang mengalami pembajakan singkat di Teluk Oman pada Selasa (3/8/2021) malam. (Sumber: Steve Geronazzo via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

FUJAIRAH, KOMPAS.TV – Angkatan Laut Inggris menyatakan, para pembajak yang menduduki sebuah kapal tanker aspal di lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Oman, telah meninggalkan kapal yang disasar pada Rabu (4/8/2021).

Rekaman lalu lintas radio pelayaran mengungkap, pembajakan itu dilakukan oleh sekelompok orang bersenjata Iran.

Melansir Associated Press pada Rabu (4/8/2021), malam sebelumnya, Operasi Perdagangan Maritim Angkatan Laut Inggris menggambarkan insiden itu sebagai “kemungkinan pembajakan”. Insiden yang dimulai secara misterius itu segera berakhir dengan misterius pula.

Petunjuk tentang apa yang terjadi di atas kapal tanker aspal berbendera Panama bernama "Asphalt Princess" itu mulai terungkap lewat rekaman radio maritim.

Rekaman itu berhasil didapatkan oleh perusahaan harga komoditas Argus Media. Dalam rekaman itu, seorang awak kapal terdengar menginformasikan penjaga pantai Emirat bahwa 5 – 6 orang Iran bersenjata telah naik ke kapal tanker itu.

Baca Juga: Ditemukan Koin Arab Kuno yang Diyakini Dapat Ungkap Pembajakan Kapal Jamaah Haji Ratusan Tahun Silam

“Orang-orang Iran telah naik ke kapal dengan amunisi,” kata seorang awak kapal. “Kami sekarang, hanyut. Kami tak bisa menginformasikan secara pasti waktu kedatangan kami di Sohar.”

Sohar merupakan pelabuhan di Oman yang menurut data pelacakan kapal menjadi tujuan "Asphalt Princess". Tidak jelas apakah para awak kapal, yang diidentifikasi terdiri dari warga India dan Indonesia, berada dalam keadaan bahaya.

Pada Selasa (3/8/2021), patroli perdagangan maritim Angkatan Laut Inggris melaporkan adanya kemungkinan pembajakan di Teluk Oman. (Sumber: AP Graphic)

Otoritas setempat menyatakan, pada Selasa (3/8/2021) malam, para pembajak naik ke Asphalt Princess yang tengah berlayar di lepas pantai Fujairah.

Kantor berita resmi militer Oman telah menerima laporan bahwa Asphalt Princess telah dibajak, dan segera mengerahkan pesawat patroli maritim Angkatan Udara Kerajaan dan kapal angkatan laut “untuk berkontribusi mengamankan perairan internasional” itu.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.