Kompas TV internasional kompas dunia

Terlambat 4 Bulan, Kapal Kargo Ever Given Akhirnya Bongkar Muatan 2.000 Kontainer di Inggris

Kamis, 5 Agustus 2021 | 01:05 WIB
terlambat-4-bulan-kapal-kargo-ever-given-akhirnya-bongkar-muatan-2-000-kontainer-di-inggris
Sekitar 2.000 peti kemas di kapal kargo raksasa Ever Given tengah dibongkar di Pelabuhan Felixstowe, Inggris pada Selasa ( 3/8/2021) sore waktu setempat. (Sumber: PA Media via BBC)

FELIXSTOWE, KOMPAS.TV – Kapal kargo raksasa Ever Given yang sempat tersangkut di Terusan Suez akhirnya bongkar muatan setelah tiba di Inggris pada Selasa (3/8/2021).

Melansir BBC, Ever Given sandar di Felixstowe, Suffolk, pada Selasa sekitar pukul 5.30 sore waktu setempat. Ini merupakan kunjungan Ever Given yang pertama di Inggris sejak kapal kargo itu menyebabkan kekacauan pelayaran dunia pada akhir Maret hingga awal April lalu.

Pelabuhan Felixstowe menyatakan, sekitar 2.000 kontainer akan dibongkar muat menggunakan derek dan prosesnya akan berlangsung selama sekitar 24 jam. Kapal raksasa sepanjang 400 meter itu dijadwalkan meninggalkan Felixstowe pada Kamis pukul 2 dinihari.

Baca Juga: Setelah Ditahan Berbulan-bulan, Kapal Kargo Ever Given Akan Dibebaskan pada Rabu

Semula, kapal yang dioperasikan oleh perusahaan Taiwan Evergreen Marine itu dijadwalkan tiba di Felixstowe pada awal April lalu. Namun, pada akhir Maret, Ever Given tersangkut di kanal Mesir itu selama hampir sepekan. Akibatnya, ratusan kapal lain pun tertunda lantaran menunggu lalu lintas kanal kembali lancar. Sejumlah kapal lain bahkan terpaksa mengambil rute memutari ujung selatan Afrika saat itu.

Puluhan warga pencinta dunia pelayaran menyaksikan kedatangan kapal kargo raksasa Ever Given saat tiba di Pelabuhan Felixstowe, Inggris, pada Selasa sore (3/8/2021). (Sumber: BBC )

Saat kapal yang mengangkut kargo antara Asia dan Eropa itu akhirnya terbebas dari kandas, Ever Given ditahan sampai tercapai kesepakatan seputar kompensasi antara perusahaan Jepang pemilik kapal, Shoei Kisen Kaisha, dengan otoritas Terusan Suez.

Baca Juga: Sayonara! Ever Given Akhirnya Angkat Sauh Tinggalkan Terusan Suez

Muatan yang ada dalam total 18.000 kontainter Ever Given diperkirakan bernilai USD775 juta (atau sekitar Ro11 triliun). Namun, banyak di antara muatan kargo Ever Given berupa buah-buahan dan sayuran, yang diperkirakan harus dibuang lantaran kadung rusak melewati masa kedaluwarsa.

Sebagian besar kontainer di Ever Given telah diturunkan di Rotterdam sebelum tiba di Felixstowe.

Jake Slinn, pemilik JS Global Cargo & Freight Disposal di Ipswich mengatakan, bisnisnya menanti 20 – 30 kontainer dari Ever Given. Dalam beberapa pekan ke depan, bisnisnya akan disewa untuk menghancurkan muatan yang tak diinginkan – seperti makanan yang kedaluwarsa – atau mengelolanya.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

Sumber : BBC


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19