Kompas TV internasional kompas dunia

Terlambat 4 Bulan, Kapal Kargo Ever Given Akhirnya Bongkar Muatan 2.000 Kontainer di Inggris

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 01:05 WIB
terlambat-4-bulan-kapal-kargo-ever-given-akhirnya-bongkar-muatan-2-000-kontainer-di-inggris
Sekitar 2.000 peti kemas di kapal kargo raksasa Ever Given tengah dibongkar di Pelabuhan Felixstowe, Inggris pada Selasa ( 3/8/2021) sore waktu setempat. (Sumber: PA Media via BBC)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

FELIXSTOWE, KOMPAS.TV – Kapal kargo raksasa Ever Given yang sempat tersangkut di Terusan Suez akhirnya bongkar muatan setelah tiba di Inggris pada Selasa (3/8/2021).

Melansir BBC, Ever Given sandar di Felixstowe, Suffolk, pada Selasa sekitar pukul 5.30 sore waktu setempat. Ini merupakan kunjungan Ever Given yang pertama di Inggris sejak kapal kargo itu menyebabkan kekacauan pelayaran dunia pada akhir Maret hingga awal April lalu.

Pelabuhan Felixstowe menyatakan, sekitar 2.000 kontainer akan dibongkar muat menggunakan derek dan prosesnya akan berlangsung selama sekitar 24 jam. Kapal raksasa sepanjang 400 meter itu dijadwalkan meninggalkan Felixstowe pada Kamis pukul 2 dinihari.

Baca Juga: Setelah Ditahan Berbulan-bulan, Kapal Kargo Ever Given Akan Dibebaskan pada Rabu

Semula, kapal yang dioperasikan oleh perusahaan Taiwan Evergreen Marine itu dijadwalkan tiba di Felixstowe pada awal April lalu. Namun, pada akhir Maret, Ever Given tersangkut di kanal Mesir itu selama hampir sepekan. Akibatnya, ratusan kapal lain pun tertunda lantaran menunggu lalu lintas kanal kembali lancar. Sejumlah kapal lain bahkan terpaksa mengambil rute memutari ujung selatan Afrika saat itu.

Puluhan warga pencinta dunia pelayaran menyaksikan kedatangan kapal kargo raksasa Ever Given saat tiba di Pelabuhan Felixstowe, Inggris, pada Selasa sore (3/8/2021). (Sumber: BBC )

Saat kapal yang mengangkut kargo antara Asia dan Eropa itu akhirnya terbebas dari kandas, Ever Given ditahan sampai tercapai kesepakatan seputar kompensasi antara perusahaan Jepang pemilik kapal, Shoei Kisen Kaisha, dengan otoritas Terusan Suez.

Baca Juga: Sayonara! Ever Given Akhirnya Angkat Sauh Tinggalkan Terusan Suez

Muatan yang ada dalam total 18.000 kontainter Ever Given diperkirakan bernilai USD775 juta (atau sekitar Ro11 triliun). Namun, banyak di antara muatan kargo Ever Given berupa buah-buahan dan sayuran, yang diperkirakan harus dibuang lantaran kadung rusak melewati masa kedaluwarsa.

Sebagian besar kontainer di Ever Given telah diturunkan di Rotterdam sebelum tiba di Felixstowe.

Jake Slinn, pemilik JS Global Cargo & Freight Disposal di Ipswich mengatakan, bisnisnya menanti 20 – 30 kontainer dari Ever Given. Dalam beberapa pekan ke depan, bisnisnya akan disewa untuk menghancurkan muatan yang tak diinginkan – seperti makanan yang kedaluwarsa – atau mengelolanya.

“Saat ini kami belum mengambil barang apa pun dari kapal itu,” kata Slinn.

Sementara itu, Pusat Golf Kingsway di Melbourn, Cambridgeshire, tengah menanti kedatangan dua model dinosaurus untuk melengkapi koleksi gila Jurassic Links di lapangan golfnya. Pusat golf itu telah mengosongkan area di sekitar lubang ke-17 dan ke-18 untuk memasang model dinosaurus Tyrannosaurus rex yang dijuluki Dino yang termasuk dalam muatan kargo Ever Given.

Baca Juga: Denda Kompensasi Ever Given Disepakati, Berapa Jumlahnya?

Lapangan golf itu juga tengah menanti kedatangan model dinosaurus lain, yakni Pterodactyl setinggi 4 meter.

“Isolasi paksa dua dinosaurus spektakuler ini telah berakhir,” ujar Manajer Pemasaran Pusat Golf Kingsway, Fred Dell.

Selain dua model dinosaurus, Dell juga mengharapkan tibanya perlengkapan lain berbau dinosaurus pada Senin (9/8/2021).

Setelah Felixstowe, Ever Given dijadwalkan berlayar menuju Hamburg di Jerman.



Sumber : BBC

BERITA LAINNYA



Close Ads x