Kompas TV internasional kompas dunia

Mengungkap Plester di Kepala Kim Jong Un, Ternyata Bukan Pertama Kali Tanda Misterius di Tubuhnya

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 21:36 WIB
mengungkap-plester-di-kepala-kim-jong-un-ternyata-bukan-pertama-kali-tanda-misterius-di-tubuhnya
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat tampil dalam acara parade militer pada akhir Juli lalu. Saat itu, bagian belakang kepala Kim Jong Un tampak ditempeli sebuah plester besar. (Sumber: Pyongyang Broadcast Service via Daily Mail)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

PYONGYANG, KOMPAS.TV – Ada apa dengan Kim Jong Un? Baru-baru ini, pemimpin Korea Utara itu terlihat tampil di muka publik dengan noda berwarna gelap di bagian belakang kepalanya. Terkadang, Kim menutupinya dengan plester. Spekulasi tentang kondisi kesehatan Kim Jong Un pun mengemuka.  

Melansir Daily Mail, bagian kulit kepala yang tampak gelap itu pertama kali terlihat pada akhir Juli, saat Kim menghadiri serangkaian acara, termasuk parade militer dan pertemuan dengan para veteran. Terkadang, Kim menutupi noda yang dihiasi rona kehijauan itu dengan plester berwarna senada dengan warna kulit kepalanya.

Noda yang ada di bagian belakang kepala Kim diyakini muncul setelah 11 Juli. Sebab, menurut situs pengawasan Korea Utara NK Daily, pada hari itu, Kim tampak muncul bersama para musisi dengan kondisi kepala tanpa luka.

Baca Juga: Penampakan Perban Misterius di Belakang Kepala Kim Jong Un Jadi Sorotan

Spekulasi tentang kondisi tiran berusia 37 tahun ini pun merajalela. Apalagi, pada awal tahun ini, Kim sempat kehilangan bobotnya dengan cukup signifikan.

Saat itu, pakaian yang dikenakan Kim tampak longgar, dan wajahnya terlihat tirus. Pada Juni lalu, media pemerintah menggambarkan kondisi Kim sebagai ‘kurus’ dan ‘menghancurkan hati rakyat kami’.

Ini bukan kali pertama Kim muncul di depan publik dengan tanda misterius di tubuhnya.

Pada bulan Mei tahun lalu, ia terlihat dengan noda menggelap di bagian pergelangan tangannya. Para ahli medis mengklaim, noda itu muncul akibat penggunaan jarum yang digunakan dalam operasi jantung.

Baca Juga: Kim Jong-Un Disebut Bakal Eksekusi Mati Massal Pembelot Korea Utara yang Dipulangkan dari China




Sumber : Daily Mail

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.