Kompas TV internasional kompas dunia

Mengungkap Plester di Kepala Kim Jong Un, Ternyata Bukan Pertama Kali Tanda Misterius di Tubuhnya

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:36 WIB
mengungkap-plester-di-kepala-kim-jong-un-ternyata-bukan-pertama-kali-tanda-misterius-di-tubuhnya
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat tampil dalam acara parade militer pada akhir Juli lalu. Saat itu, bagian belakang kepala Kim Jong Un tampak ditempeli sebuah plester besar. (Sumber: Pyongyang Broadcast Service via Daily Mail)

PYONGYANG, KOMPAS.TV – Ada apa dengan Kim Jong Un? Baru-baru ini, pemimpin Korea Utara itu terlihat tampil di muka publik dengan noda berwarna gelap di bagian belakang kepalanya. Terkadang, Kim menutupinya dengan plester. Spekulasi tentang kondisi kesehatan Kim Jong Un pun mengemuka.  

Melansir Daily Mail, bagian kulit kepala yang tampak gelap itu pertama kali terlihat pada akhir Juli, saat Kim menghadiri serangkaian acara, termasuk parade militer dan pertemuan dengan para veteran. Terkadang, Kim menutupi noda yang dihiasi rona kehijauan itu dengan plester berwarna senada dengan warna kulit kepalanya.

Noda yang ada di bagian belakang kepala Kim diyakini muncul setelah 11 Juli. Sebab, menurut situs pengawasan Korea Utara NK Daily, pada hari itu, Kim tampak muncul bersama para musisi dengan kondisi kepala tanpa luka.

Baca Juga: Penampakan Perban Misterius di Belakang Kepala Kim Jong Un Jadi Sorotan

Spekulasi tentang kondisi tiran berusia 37 tahun ini pun merajalela. Apalagi, pada awal tahun ini, Kim sempat kehilangan bobotnya dengan cukup signifikan.

Saat itu, pakaian yang dikenakan Kim tampak longgar, dan wajahnya terlihat tirus. Pada Juni lalu, media pemerintah menggambarkan kondisi Kim sebagai ‘kurus’ dan ‘menghancurkan hati rakyat kami’.

Ini bukan kali pertama Kim muncul di depan publik dengan tanda misterius di tubuhnya.

Pada bulan Mei tahun lalu, ia terlihat dengan noda menggelap di bagian pergelangan tangannya. Para ahli medis mengklaim, noda itu muncul akibat penggunaan jarum yang digunakan dalam operasi jantung.

Baca Juga: Kim Jong-Un Disebut Bakal Eksekusi Mati Massal Pembelot Korea Utara yang Dipulangkan dari China


Selama bertahun-tahun, kondisi kesehatan Kim telah menjadi spekulasi internasional. Lantaran, kematian Kim akan menimbulkan pertanyaan tentang suksesi dan stabilitas di negara yang memiliki fasilitas nuklir itu.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

Sumber : Daily Mail




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:39
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19