Kompas TV internasional kompas dunia

Upacara Pernikahan Dihantam Rentetan Sambaran Petir di Bangladesh, 16 Langsung Tewas

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:50 WIB
upacara-pernikahan-dihantam-rentetan-sambaran-petir-di-bangladesh-16-langsung-tewas
Ilustrasi hujan petir. Rentetan sambaran petir serentak menerjang pesta pernikahan Bangladesh dalam beberapa detik di hari Rabu, menewaskan 16 orang dan melukai pengantin pria, kata pejabat seperti dilansir France24, Rabu (04/08/2021). (Sumber: The West Australian via tribunnews)

DHAKA, KOMPAS.TV - Pernah membayangkan upacara pernikahan anda disambar petir? Beberapa orang akan berpikir itu dikirim oleh mantan, namun sebagian besar akan berpikir itu hanya fenomena biasa yang dapat dihindari. Seperti halnya yang terjadi di Bangladesh.

Rentetan sambaran petir serentak menerjang pesta pernikahan Bangladesh dalam beberapa detik pada Rabu (4/8/2021). Insiden tersebut menewaskan 16 orang dan melukai pengantin pria.

Salah seorang administrator pemerintah kota itu, Sakib Al-Rabby mengatakan, rombongan itu dikatakan baru saja meninggalkan sebuah perahu di kota tepi sungai Shibganj untuk berlindung dari badai ketika petir menyambar.

Menurut Sakib, pengantin wanita tidak hadir dalam pesta pernikahan. Dia juga membenarkan 16 orang tewas ketika rentetan petir menyambar dalam beberapa detik satu sama lain di distrik barat Chapainawabganj.

Baca Juga: Hampir 70 Warga India Tewas Tersambar Petir Dalam Sehari

Ilustrasi hujan disertai petir. Badai monsun yang dahsyat menerjang Bangladesh. Seminggu hujan lebat di distrik tenggara Cox's Bazar menewaskan sekitar 20 orang, termasuk enam pengungsi Rohingya. (Sumber: Pixabay)

Badai monsun yang dahsyat menerjang Bangladesh. Seminggu hujan lebat di distrik tenggara Cox's Bazar menewaskan sekitar 20 orang, termasuk enam pengungsi Rohingya.

Petir membunuh ratusan orang di negara Bangladesh setiap tahun. Menurut penghitungan resmi, ada lebih dari 200 kematian akibat petir pada 2016, dengan 82 orang meninggal dalam satu hari di bulan Mei.

Namun, banyak kematian tidak pernah tercatat secara resmi dan satu pemantau independen menghitung setidaknya 349 kematian akibat sambaran petir.

Beberapa ahli mengatakan, penggundulan hutan adalah salah satu musabab tingginya jumlah korban tewas, sehinga Bangladesh menanam ratusan ribu pohon palem dalam upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan mengurangi jumlah kematian akibat petir.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19