Kompas TV nasional peristiwa

Peran Penting Satgas Covid-19 dan Puskesmas Bantu Warga Lewati Klaster Keluarga

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 17:40 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Haris tak pernah membayangkan, jika badai covid-19 akhirnya menjangkiti keluarganya.

Ibu, ayah, adik, ipar, dan keponakannya, dinyatakan positif covid-19, di tengah tingginya kasus, di Jakarta, pada awal Juli lalu.

Hidup di rumah berbeda, Haris pun harus meninggalkan sementara istri dan anaknya untuk merawat keluarga yang sakit.

Di tengah keterbatasan, ia harus berjibaku, mencari oksigen dan obat-obatan, karena kondisi sang ayah yang sempat menurun.

Haris bersyukur, pengurus satgas covid-19 di lingkungan RW rumah orangtua haris di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, berperan aktif membantunya melalui krisis ini, hingga semua anggota keluarga sehat kembali.

Tak perlu bingung, jika anda, atau keluarga dinyatakan positif covid-19.

Yang paling pertama dan penting dilakukan, tak perlu takut melaporkan diri ke satgas covid-19 RT atau RW setempat, agar keluarga dan orang-orang yang berkontak erat dengan pasien positif bisa segera dites.

Melaporkan diri ke Puskesmas sejatinya juga membantu mencegah risiko kematian pasien saat isolasi mandiri, karena kondisinya bisa terus dimonitor oleh dokter, walaupun secara daring.

Menteri Kesehatan juga mengungkap, tingginya angka kematian akibat covid-19 yang tak kunjung turun, disebabkan oleh kondisi pasien yang memburuk dengan cepat, dan terlambat tertangani.

Tak ada yang bisa memastikan keselamatan diri ketika terjangkiti wabah seribu wajah ini.

Namun, kematian bisa dicegah, jika masyarakat sudah mendapat vaksinasi, disiplin menaati protokol kesehatan, dan mendapat pelayanan kesehatan tepat waktu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x