Kompas TV regional berita daerah

Asrama Haji Lampung difungsikan jadi Rumah Sakit Darurat Covid 19

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 13:51 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Pemerintah alih fungsikan Asrama Haji Lampung, yang berada di kawasan Jalan Bypass Soekarno Hatta, Rajabasa, Bandar Lampung, menjadi rumah sakit darurat Covid-19.

Pemerintah bersama PT Pertamedika Jakarta pada Rabu (2/8) pagi, telah melakukan sejumlah persiapan di Gedung Multazam, Asrama Haji.

Baca Juga: Petugas Vaksinasi Keliling Kenakan Atribut Kemerdekaan

Kapasitas gedung yang memiliki sekitar 50 kamar dengan 100 tempat tidur ini, akan dipergunakan untuk perawatan dan penanganan isolasi pasien Covid-19.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Provinsi Lampung, Ansori F Citra, menjelaskan bahwa terkait persiapan gedung, akan disiapkan oleh pihaknya. Sementara, terkait fasilitas kesehatan, seperti tempat tidur dan lainnya akan ditangani oleh PT Pertamedika Jakarta.

“Jadi, sesuai kebutuhan. Kalau memang nanti kurang akan dilebarkan. Sedangkan, untuk bed nanti kita keluarkan karena kan harus sesuai standar kesehatan,” ujar Ansori.

Selanjutnya, menurut  Indra Permana selaku Corporate Planning and Investment PT. Pertamedika, selain mempersiapkan sejumlah peralatan medis untuk penanganan pasien Covid-19. Ia juga akan membentuk beberapa ruang perawatan seperti ruang ICU, HCU, dan IGD sesuai standar kesehatan di Asrama Haji.

Baca Juga: Keluhan Sopir Angkot Atas Sepinya Penumpang di Masa PPKM

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa peralatan medis yang didatangkan dari Jakarta ini diperkirakan akan tiba pekan depan.

“Untuk waktu operasionalnya diperkirakan minggu kedua, ya. Tapi untuk tanggalnya kita belum tahu,” tutur Indra.

Langkah ini diambil oleh pemerintah, lantaran mengingat tingginya kasus penyebaran Covid-19 di Provinsi Lampung yang masih tergolong tinggi.

#asramahajilampung #rumahsakit #covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.