Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa Raup Rupiah dari Budidaya Sayur Hidroponik

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 16:51 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Pandemi bukan penghalang bagi seorang mahasiswa kreatif yang tinggal di kawasan Perumahan Griya Indah, Kecamatan Sukabumi, Bandar Lampung, untuk mengembangkan budidaya sayur hidroponik.

Situasi di tengah pandemi serta adanya penerapan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), justru dimanfaatkan oleh Laura, sapaan akrabnya, untuk melakukan kegiatan produktif.

Baca Juga: Usai Isi Bbm Di SPBU, Mobil Angkutan Desa Terbakar

Siapa sangka, hasil panen sayur hidroponik yang dibudidayakan Laura bersama keluarganya ini, menjadi pundi-pundi yang menghasilkan rupiah dan membantu perekonomian keluarga.

Laura yang saat ini merupakan seorang mahasiswi tingkat akhir, memanfaatkan sebagian pekarangan rumahnya untuk dijadikan ruang instalasi budidaya tanaman sayur hidroponik.

“Iya, tadinya coba buat yang kecil. Terus kita liat antusias para costumer antusias. Terus kenapa ga dikembangin, gitu.” Ungkap Laura.

Adapun berbagai tanaman sayur yang ia budidayakan, antara lain pakcoy, sawi, selada, nai bai hingga sayur siomak.

Baca Juga: Pengisian Tabung Oksigen Bayar Sukarela

Hasil tanaman sayur hidroponik yang ia jual berkisar 12 ribu hingga 16 ribu rupiah per kemasan ini, biasa ia pasarkan dengan memanfaatkan media sosial instagram, yang ia namakan @halethponic.id.

Tadinya, kegiatan budidaya hidroponik ini hanya sekadar untuk mengisi waktu luang selama masa PPKM dan hasilnya untuk mencukupi konsumsi sayur secara pribadi. Namun, karena ketekunan yang dimiliki, Laura secara tidak langsung menjadi contoh kreatif yang berhasil memanfaatkan situasi pandemi dengan baik.

#mahasiswi #budidayahidroponik #ppkm



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.