Kompas TV feature coffee story

Berdiri Sejak 1930, Ini Dia Pabrik Kopi Tertua di Bandung

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 18:05 WIB
Penulis : Natasha Ancely

BANDUNG, KOMPAS.TV - Siapa tak kenal Bandung, Ibu Kota Jawa Barat yang kini terkenal dengan industri kreatifnya tengah berkembang pesat.

Bandung masih menyimpan dengan apik nilai-nilai history mereka. Mulai dari bangunan tua, jalan, hingga sebuah pabrik kopi.

Bertempat di daerah sejarah, Braga, Asia Afrika, atau tepatnya di Jalan Banceuy No 51, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, terdapat sebuah pabrik kopi pertama di Kota Bandung.

Nuansa tempo dulu kental terasa pada pandangan pertama. Pabrik aroma kopi terdiri dari bangunan tua khas Belanda yang berada di persimpangan jalan.

Menilik dari sejarahnya, pabrik kopi ini sudah berdiri sejak 1930 dan tetap beroperasi secara turun temurun hingga sekarang.

Pabrik kopi aroma didirikan oleh Tan How Sian.

Satu hal yang menarik dari kopi ini adalah proses pembuatannya yang masih 100% manual, melalui mesin roasting tua berusia 82 tahun buatan Jerman.

Kopi aroma selama puluhan tahun bertahan dengan proses ini agar kualitasnya senantiasa terjaga.

Kopi yang digunakan juga merupakan kopi lokal biji merah yang dijemur di bawah sinar matahari. Ketenaran kopi aroma sudah merambah bahkan hingga ke luar negeri.

Disclaimer: Acara ini sudah pernah tayang pada 28 Januari 2020.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.