Kompas TV nasional berita utama

Pengamat Menilai Perubahan Cat Pesawat Bukan Prioritas dan Tak Terkait Keselamatan Penerbangan

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 14:58 WIB
pengamat-menilai-perubahan-cat-pesawat-bukan-prioritas-dan-tak-terkait-keselamatan-penerbangan
Salah satu pesawat milik negara, Helikopter Super Puma yang dicat ulang menjadi merah putih (Sumber: Twitter/@Akangaviation)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah dinilai tidak menujukkan empati dengan tetap melakukan perubahan cat pada pesawat kepresidenan dan heli puma.

Padahal, proses perubahannya tidak mendesak dan tidak berkaitan dengan keselamatan penerbangan.

Hal tersebut disampaikan Mantan Komisioner Ombudsman Alvin Lie dalam keterangannya, Rabu (4/8/2021).

“Ini tidak mendesak dan ini juga tidak terkait dengan keselamatan penerbangan,” tegas Alvin Lie.

“Sementara biayanya tidak kecil,” kata Alvien yang juga pengamat penerbangan.  

Alvin Lie mengingatkan pemerintah bahwa saat Indonesia sedang dalam kondisi krisis akibat pandemi Covid-19.

Hal senada disampaikan  pakar komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga yang  menyebut, perubahan warna pesawat  di masa sulit seperti ini  pemerintah seolah tak tahu skala perioritas.

"Padahal semua sepakat, saat ini seharusnya perhatian sepenuhnya pada penanganan Cobid-19. Termasuk tentunya alokasi anggatan semuanya diprioritaskan untuk penanganan Covid-19," katanya.

Karena itu, sangat sulit dipahami kalau pemeritah masih sempat berpikir mengalokasikan anggaran untuk mengganti warna pesawat kepresidenan.

Kalau anggaran untuk itu masih ada, sepatutnya dialokasikan untuk membantu sebagian rakyat yang sudah susah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini yang seharusnya.

Menurut Jamiluddin, bagi rakyat miskin yang sudah susah untuk makan, akan tergores batinnya menyaksikan perubahan warna pesawat tersebut. Kepekaan terhadap kepedihan rakyat inilah yang terkesan sudah luntur disebagian pimpinan negeri ini.

"Sense of crisis benar-benar sudah menjauh dari pimpinan negeri. Padahal, presiden Jokowi sudah berulang kali mengingatkan perihalnya penting sense of crisis disaat pandemi Covid-19," ujarnya.

Dalam konteks ini, bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan memangkas insentif dan tunjangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Tak hanya itu, jutaan masyarakat juga kehilangan pekerjaan dan mengalami pengurangan pendapatan.

Baca Juga: Politikus PDIP Minta Andi Arief Tak Perlu Persoalkan Perubahan Cat Pesawat Presiden



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x