Kompas TV nasional kesehatan

Daftar Makanan yang Harus Dihindari Pasien Covid-19 Saat Isolasi Mandiri Versi Ahli Gizi UGM

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 15:20 WIB
daftar-makanan-yang-harus-dihindari-pasien-covid-19-saat-isolasi-mandiri-versi-ahli-gizi-ugm
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 saat isolasi mandiri. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebab, konsumsi makanan maupun minuman yang kurang tepat justru bisa memperlambat proses pemulihan.

Menurut ahli gizi UGM, Aviria Ermamilia, pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri harus mengonsumsi makanan yang beragam dengan prinsip gizi seimbang. 

"Tidak ada satu jenis bahan makanan dengan kandungan gizi lengkap," ujarnya Rabu (4/8/2021).

Ia menganjurkan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori dan protein. Alasannya, kebutuhan energi dan protein orang yang
sedang terinfeksi lebih tinggi dari biasanya.

Selain itu, pasien isolasi mandiri juga harus menjaga asupan vitamin dan mineral serta buah dan sayur. Ia juga merekomendasikan pasien isolasi mandiri untuk menghindari makanan maupun minuman yang tinggi kandungan gula, garam, dan lemak.

Selain berisiko memperburuk peradangan, konsumsi makanan dengan kandungan gula, garam, dan lemak berlebih juga dapat memicu munculnya penyakit-penyakit lainnya.

Baca Juga: Wagub DKI: 70 Persen Pasien Covid-19 Meninggal di RS, 30 Persen Meninggal saat Isolasi Mandiri

"Batasan konsumsi gula per hari adalah empat sendok makan, konsumsi garam per hari maksimal empat sendok teh, dan konsumsi lemak maksimal lima sendok makan per hari,"
ucapnya.

Oleh karena itu, pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri sebaiknya menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula, garam, dan lemak berlebih, seperti gorengan, makanan cepat saji, makanan kemasan, dan sebagainya.

Baca Juga: Pengemudi Ojek Online Bagikan Makanan Gratis ke Warga Isolasi Mandiri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.