Kompas TV nasional berita utama

ITB: 112 Kabupaten/Kota di Indonesia Berpotensi Tenggelam

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 14:10 WIB
itb-112-kabupaten-kota-di-indonesia-berpotensi-tenggelam
Kecepatan penurunan tanah di daerah-daerah di Pulau Jawa. (Sumber: nationalgeographic.grid.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Peneliti Geodesi Institute Teknologi Bandung, Heri Andreas mengatakan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ITB setidaknya ada 112 Kabupaten/Kota yang memiki potensi tenggelam akibat penurunan tanah.

Untuk itu, Heri Andreas berharap pemerintah mengambil langkah-langkah pencegahan agar 112 Kabupaten/kota yang berpotensi tenggelam bisa dicegah dan terselamatkan.

“Sebagai informasi 112 Kabupaten/Kota punya potensi tenggelam, nggak cuma Jakarta saja,” kata Heri Andreas, Rabu (4/8/2021).

“Hal ini mudah-mudahan sudah diketahui pemerintah dan sudah menjadi perhatian untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat ya. Mudah-mudahan.”

Berdasar hasil penelitian tersebut, Heri Andreas pun menuturkan bukan DKI Jakarta yang berpotensi tenggelam untuk pertama akibat laju penurunan tanah.

Berdasarkan hasil penelitian, Kawasan Pantau Utara Jawa lebih berpeluang tenggelam jika dibandingkan dengan DKI Jakarta.

“Saat ini kita mesti lebih khawatir dengan beberapa wilayah pantura, Jawa Tengah, di Pekalongan, Semarang, dan Demak,” kata Heri Andreas.

Baca Juga: MUI Minta Pernyataan Joe Biden Soal Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi Tidak Dianggap Enteng

“Potensi tenggelamnya lebih besar dibandingkan Jakarta.”

Menurut Heri Andreas, kawasan pantai utara mememiliki laju penurunan tanah yang lebih besar ketimbang DKI Jakarta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.