Kompas TV nasional berita utama

Bukan Jakarta, Pantura Berpotensi Lebih Cepat Tenggelam

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 14:01 WIB
bukan-jakarta-pantura-berpotensi-lebih-cepat-tenggelam
Sejumlah kendaraan bermotor melintasi genangan bajir rob Jalan Arteri Yos Sudarso, Semarang atau jalur pantura penghubung Semarang-Kudus. Rabu (2/6/21).  (Sumber: TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA )
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bukan DKI Jakarta yang paling berpotensi tenggelam akibat laju penurunan tanah di Jawa. Berdasarkan hasil penelitian di Institut Teknologi Bandung, Kawasan Pantau Utara Jawa lebih berpeluang tenggelam.

“Saat ini kita mesti lebih khawatir dengan beberapa wilayah pantura, Jawa Tengah, di Pekalongan, Semarang, dan Demak,” kata Peneliti Geodesi Institute Teknologi Bandung, Heri Andreas, Rabu (4/8/2021). 

Menurut Heri Andreas, Kawasan pantai utara mememiliki laju penurunan tanah yang lebih pesat ketimbang DKI Jakarta.

Baca Juga: MUI Minta Pernyataan Joe Biden Soal Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi Tidak Dianggap Enteng

“Potensi tenggelamnya lebih besar dibandingkan Jakarta," kata dia. "Karena laju penurunan tanahnya lebih besar dari Jakarta.”

Heri Andreas menjelaskan, besarnya potensi tenggelam itu didasarkan penelitian ITB terhadap 112 kabupaten/kota yang berpotensi tenggelam akibat penurunan tanah. 

Untuk itu, Heri Andreas berharap pemerintah mengambil langkah-langkah pencegahan dan penyelamatan terhadap 112 Kabupaten/kota itu.

“Sebagai informasi 112 Kabupaten/Kota punya potensi tenggelam, nggak cuma Jakarta saja,” dia menegaskan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x