Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu AS Bertemu Menlu Retno di Washington, Puji Indonesia

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 21:27 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony J Blinken bertemu dengan Menlu RI Retno Marsudi di Washington pada Selasa, 3 Agustus 2021.

Pertemuan ini merupakan dialog strategis pertama antara Indonesia dan Amerika Serikat sejak peresmian kemitraan strategis pada 2015.

Dalam pertemuan ini, kedua Menlu membahas berbagi isu termasuk dampak pandemi virus Covid-19 dan sengketa Laut China Selatan.

“Dialog Strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia, sesuatu yang telah disepakati beberapa tahun yang lalu, tetapi sekarang kita benar-benar memulai dan meluncurkan Indonesia adalah mitra demokrasi yang kuat bagi Amerika Serikat.,” ujar Menlus AS Antony J Blinken dilansir dari APTN pada 3 Agustus 2021.

Menlus AS juga memuji Indonesia dengan suara yang kuat Indonesia di Asean.

“Kami sangat menghargai suara kuat yang dimiliki Indonesia di ASEAN. Kami sangat terlibat dan sangat menantikan kepresidenan Anda di ASEAN. G20 tahun depan,” kata Blinken.

Menlu Retno juga mengatakan dengan adanya dialog strategis ini akan mengembangkan komitmen kemitraan Indonesia dan Amerika Serikat.

“Dialog Strategis pertama antara dua mitra strategis, Indonesia dan AS Dan untuk Indonesia, itu adalah komitmen saya dan komitmen Indonesia untuk memajukan hubungan bilateral dengan AS dari pendidikan hingga ekonomi dan seterusnya,” ujar Menlu Retno.

Video Editor: Laurensius Krisna Galih Sudibyo



Sumber : Kompas TV, APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x