Kompas TV nasional politik

Demi Menang Lawan Covid-19, Abdul Muti Imbau Masyarakat Tidak Terseret Arus "Politisi Ikan Lele"

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 12:17 WIB
demi-menang-lawan-covid-19-abdul-muti-imbau-masyarakat-tidak-terseret-arus-politisi-ikan-lele
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Muti (Sumber: KOMPAS TV )
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengimbau masyarakat Indonesia tidak terseret arus tindakan tidak bertanggungjawab para "Politisi Ikan Lele" di media sosial.

Pasalnya, berdasar penilaian Abdul Mu'ti, perburukan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia tidak hanya disebabkan oleh dampak sosial dan ekonomi, melainkan juga disebabkan oleh "Politisi Ikan Lele".

“Politisi ikan lele itu adalah politisi yang semakin keruh airnya, maka dia itu semakin menikmati kehidupannya. Karena itu, sekarang ini banyak sekali orang yang berusaha memancing di air keruh dan banyak orang yang tidak sekadar memancing, tapi juga memperkeruh suasana,” kata Abdul Mu'ti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Rabu (4/8/2021).

Lebih lanjut, Mu'ti menjelaskan, istilah 'Politisi Ikan Lele' digunakannya dengan meminjam ungkapan yang pernah diutarakan Buya Syafi'i Ma'arif.

Baca Juga: Haedar Nasir: Muhammadiyah Yakin Pemerintah Tetap Dalam Kepentingan Utama Menyelamatkan Jiwa Rakyat

Menurutnya, lontaran itu menunjuk pada mereka yang senang tampil memperkeruh suasana dan mengadu domba.

Kendati demikian, Mu'ti menegaskan, 'Politisi Ikan Lele' bukan berarti mereka yang menjadi pengurus partai politik, tetapi lebih luas yakni mereka yang selalu mengaitkan keadaan dengan cara politisasi.

“Saya menyebut politisi ini tidak selalu mereka yang menjadi pengurus partai politik, tetapi orang yang pikirannya selalu mengaitkan berbagai keadaan itu dengan politik, berbagai persoalan dipolitisasi,” tegasnya.

Satu contoh wacana yang dilemparkan para 'Politisi Ikan Lele' di media sosial, antara lain mengaitkan Covid-19 sebagai konspirasi dan menyebut bahwa pandemi merupakan cara China untuk melumpuhkan Indonesia.



Sumber : Kompas TV/Muhammadiyah.or.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.