Kompas TV advertorial

Mensos Risma Tinjau Langsung Penyaluran BST untuk 76.253 KPM Solo

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 11:51 WIB
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau langsung penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dilakukan melalui PT Pos Indonesia untuk 76.253 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah Solo, Jawa Tengah.

Bantuan ini merupakan jaring pengaman dari pemerintah atas kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang mulai diterapkan kembali sejak Juli.

“Saya ingin memastikan bahwa bantuan-bantuan itu sudah diterima oleh warga,” kata Risma.

Bersama dengan PT Pos Indonesia, Bantuan Sosial yang terdiri dari Bansos Tunai (BST), Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bansos Program Kartu Sembako ini diberikan kepada masyarakat Surakarta, Karanganyar, dan Sukoharjo dengan metode langsung atau door-to-door.

“Untuk penyaluran bansos di saat kondisi negara menerapkan PPKM ini, maka metode secara door-to-door dilakukan dengan adanya persyaratan petugas yang melakukan harus sudah divaksinasi,” jelas Ronald Siahaan, Kepala Pos Indonesia Regional IV Jateng dan DIY.

Penyaluran oleh juru bayar PT Pos Indonesia menggunakan sistem ini dipantau langsung oleh Menteri Sosial untuk memastikan seluruh dana bantuan sosial diterima tepat sasaran langsung kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

Sistem door-to-door ini juga memudahkan pemberian kepada warga yang terdampak langsung baik virus Covid-19 maupun keadaan pandemi yang memberikan situasi berbeda bagi perekonomian mereka.

“Terima kasih atas bantuannya kepada masyarakat serta Pos Indonesia selaku penyalur dalam kegiatan ini agar dapat berjalan dengan baik,” ungkap Bagus Nugrahadi, salah satu penerima BST asal Surakarta.

Sebagai pembayaran bulan Mei dan Juni 2021, BST diberikan sebesar Rp 600 ribu rupiah. Selain itu, masih ada penyaluran beras 10 kg dari Perum Bulog.

Pos Indonesia memberikan kemudahan dalam penyaluran BST secara langsung sehingga warga yang membutuhkan dapat bertahan hidup dan kembali mendorong roda perekonomian di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.