Kompas TV nasional kesehatan

Informasi dari Dokter Spesialis Bedah Seputar Keluhan dan Efek Samping Pasca Operasi

Rabu, 4 Agustus 2021 | 11:50 WIB

KOMPAS.TV - Anda kembali bersama segmen Sehat di Tengah Pandemi, tempat anda bertanya seputar kesehatan anda, terlebih di saat anda ragu untuk ke rumah sakit, akibat pandemi covid-19.

Anda dapat melayangkan pertanyaan melalui instagram @sapaindonesia_kompastv, sehari sebelum tayang atau melalui telepon interaktif saat ini, di nomor 021-5366-0500.

Pertanyaan via telpon interaktif:

1. Sri - Surabaya
Selamat pagi, saya sudah puluhan tahun pasca operasi empedu karena ada batu nya. Empedu saya sudah di ambil, di deket empedu tumbuh kantong cairan. Kantong cair tersebut harus dioperasi kata dokter. Tapi kata dokter baru-baru ini ngga perlu dioperasi. Ukurannya saat ini 4,2-4,4 
Bagaimana mengatasinya? karena saya terganggu sekali seperti sakit perut atau maag?

2. Asmawati
Suami saya jatuh kecelekaan tahun 2014 dan ada bagian yang retak di kepala hingga mengalami pendarahan. Sudah dioperasi dan sering sakit kepala. Bagaimana solusinya?

Pertanyaan via instagram:

1. @arageahidayat: pagi dok, saya pernah operasi besar. Lalu ada benang sisa jahitan ya yang timbul. Apakah itu aman dok, lalu saya harus bagaimana dok?

2. @echarizakc: dok, anak saya baru operasi bedah pelastik di jari tangan nya, karena kena setrika dan lengket. Sudah selesai di bedah 2 minggu dan sudah 1 x kontrol, jadi bagaimana ya untuk perawatan selanjutnya, karena sudah saya buka dan ganti sendiri perban di tanganya apakah itu boleh dok?

3. @wanman_channel: pagi dok, punggung kaki saya dijahit bagian sampe sela-sela jari, kemarin pas kontrol ke dokter niatnya mau lepas benang karena udah semingguan. Tapi ternyata kata dokter nunggu 3 hari lagi aja terus cuma di kasih salep sama diperban lagi. Ini udah 9 hari kok kulit nya malah kaya bekas melepuh kena panas gitu. Padahal sebelum di kasih salep sama dokter udah kering. Solusi selanjutnya apa yg harus saya lakukan. Mohon penjelasan. Terimakasih

Simak penjelasan selengkapnya dari Dokter Spesialis bedah RS Universitas Indonesia, dr. Aris Ramdani dalam tayangan berikut ini.

Penulis : Anjani Nur Permatasari

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19