Kompas TV nasional viral

Viral Perasa Vanila dari Dubur Berang-Berang, Benarkah? Ini Faktanya

Rabu, 4 Agustus 2021 | 09:32 WIB
viral-perasa-vanila-dari-dubur-berang-berang-benarkah-ini-faktanya
Ilustrasi berang-berang. (Sumber: Unsplash/Niklas Hamann)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebuah video di TikTok menjadi viral gegara meminta netizen untuk mencari asal mula perasa vanila. Video yang pertama kali diunggah oleh akun Sloowmoee pada 2020 hingga kini masih terus membuat penasaran netizen.

Record yourself before and after googling ‘where does vanilla flavoring come from?’(Rekam dirimu sebelum dan sesudah googling ‘darimana rasa vanilla berasal?),” kata Sloowmoee, dikutip Rabu (4/8/2021).

Setelah mengetahui asal mula rasa vanilla, Sloowmoee terlihat sangat terkejut dan bersumpah tidak akan meminum vanilla latte lagi.

@sloowmoee

@shaylanmarieee TRIED TO MORDOR ME

original sound - Sloowmoee

Baca Juga: Angkringan Papa Sena Satenya Serba Jumbo, Rasa Tetep Enak! Cobain Yuk!

Jika mengetikkan kata kunci yang diminta Sloowmoee, kata Google akan mengarahkan kepada sejumlah artikel yang menyebutkan bahwa perasa vanila berasal dari dubur berang-berang. Benarkah?

Melansir dari Metro, Rabu (4/8/2021), biji vanila merupakan barang yang sangat mahal. Perusahaan kala itu lantas memutar otak untuk mencari sesuatu yang memiliki rasa dan aroma yang hampir sama dengan vanila asli.

Sebagai gantinya, perusahaan menggunakan sesuatu yang disebut dengan castoreum yang berasal dari kantung kastor berang-berang, tepat di antara pangkal ekor dan panggul berang-berang.

Berang-berang mengeluarkan cairan yang disebut castoreum ini untuk menandai wilayah mereka. Meski letaknya di sekitar kelenjar anal, castoreum jutsru memiliki aroma vanila musky yang membuat para ilmuwan makanan memasukkannya ke dalam resep.

Baca Juga: Resep Nasi Ayam Hainan Rice Cooker, Hidangan Praktis Cocok untuk Sarapan

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Metro/National Geographic


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kupon Togel Berserakan

Selasa, 21 September 2021 | 18:37 WIB
Berita Daerah

Tenggiling Bersarang di Atap Rumah

Selasa, 21 September 2021 | 18:26 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:51
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19