Kompas TV internasional kompas dunia

PM Singapura Ingatkan Amerika Serikat atas Kebijakan Garis Keras Terhadap China

Rabu, 4 Agustus 2021 | 07:19 WIB
pm-singapura-ingatkan-amerika-serikat-atas-kebijakan-garis-keras-terhadap-china
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong memperingatkan Amerika Serikat atas kebijakan garis keras mereka terhadap China. (Sumber: Lilian Suwanrumpha/France24 via AFP)

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada Selasa. (03/08/2021) memperingatkan Amerika Serikat agar tidak secara agresif menantang China, dengan mengatakan bahwa pandangan Washington yang semakin garis keras bisa menjadi "sangat berbahaya."

Dia mengatakan Amerika Serikat telah beralih dari pendekatan persaingan yang sehat dengan China ke pandangan bahwa Amerika "harus menang, dengan satu atau lain cara."

"Ada konsensus bipartisan (AS) hari ini tentang satu hal, yaitu hubungan dengan China," katanya kepada Forum Keamanan Aspen.

"Tapi sikap mereka adalah mengambil garis keras. Dan saya tidak yakin itu konsensus yang tepat," kata pemimpin Singapura itu.

"Saya tidak tahu apakah Amerika menyadari betapa tangguhnya musuh yang akan mereka hadapi jika mereka memutuskan bahwa China adalah musuh," tutur PM Hsien Loong

"Dalam situasi ini, saya akan mengatakan kepada keduanya, berhenti sejenak, pikirkan baik-baik sebelum Anda maju cepat, karena itu sangat berbahaya," katanya.

"Sangat penting bagi AS dan China berusaha terlibat satu sama lain untuk mencegah bentrokan, yang akan menjadi bencana bagi kedua belah pihak, dan dunia."

Lee, yang dipandang sebagai seseorang yang memiliki wawasan tentang kepemimpinan kedua negara, mengatakan pandangan keras Washington terhadap China semakin diimbangi dengan keyakinan China bahwa Amerika Serikat tidak dapat dipercaya dan ingin menghalangi kemunculannya.

Baca Juga: Tunjukkan Eksistensi, India Kerahkan 4 Kapal Perang, Laut China Selatan pun Makin Panas

Fregat INS Shivalik, salah satu kapal perang Angkatan Laut India. Foto diambil di Mumbai, India, 29 April 2010. (Sumber: CNN)

Dia mengkritik ketangguhan pemerintahan Biden dalam pertemuan bilateral tingkat tinggi pertama dengan China di Anchorage, Alaska pada bulan Maret.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19