Kompas TV internasional kompas dunia

Pers Asing: Dari 91 Juta Dosis Vaksin Covid-19 yang Dikirim ke 34 Provinsi, Hanya 75 % Digunakan

Rabu, 4 Agustus 2021 | 06:58 WIB
pers-asing-dari-91-juta-dosis-vaksin-covid-19-yang-dikirim-ke-34-provinsi-hanya-75-digunakan
Data baru Kementerian Kesehatan pada Selasa (8/3/2021) seperti dikutip dari Straits Times menunjukkan dari 91 juta dosis yang dikirim ke 34 provinsi di Indonesia sejak Januari, baru 68,6 juta dosis, atau 75 persen yang telah disuntikkan ke populasi sasaran vaksinasi. (Sumber: Kompas.com/Agie Permadi)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Puluhan provinsi di Indonesia sejauh ini dilaporkan lamban dalam melakukan vaksinasi Covid-19, seperti tidak terpengaruh oleh tingginya tingkat penularan varian Delta yang sangat mematikan, seperti dilansir Straits Times, Rabu, (04/08/2021).

Mengutip data  baru Kementerian Kesehatan pada Selasa (8/3/2021),  Straits Times menunjukkan dari 91 juta dosis yang dikirim ke 34 provinsi di Indonesia sejak Januari, baru 68,6 juta dosis, atau 75 persen yang telah disuntikkan ke populasi sasaran vaksinasi.

Provinsi berpenduduk padat, seperti Jawa Barat dengan populasi setara Korea Selatan, dan Jawa Timur, dilaporkn termasuk di antara yang bergerak paling lambat.

Hingga Senin, (02/08/2021) Jawa Barat yang berpenduduk 50 juta jiwa  menerima 11,6 juta dosis vaksin, namun baru 9 juta dosis yang disuntikkan ke masyarakat. Jawa Timur, dengan populasi 40 juta jiwa, menerima 13,2 juta dosis vaksin Covid-19, di mana baru 10,8 juta dosis telah disuntikkan ke masyarakat, menurut data kementerian kesehatan, seperti dilaporkan Straits Times, Rabu, (04/08/2021)

Hanya tiga provinsi - Kepulauan Riau, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung - yang telah sepenuhnya menggunakan vaksin Covid-19 yang dikirim ke mereka.

Indonesia menargetkan untuk memvaksinasi 214 juta orang, atau sekitar tiga perempat dari populasi pada akhir tahun 2021, termasuk mereka yang berusia antara 12 dan 18 tahun. Sejauh ini, sekitar 20 juta telah menerima kedua suntikan tersebut.

Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia melakukan pendekatan tiga arah dalam memerangi gelombang Covid-19: meningkatkan vaksinasi; menerapkan protokol kesehatan yang ketat; dan meningkatkan pengujian dan penelusuran.

“Pertama, kami mempercepat vaksinasi terutama di daerah dengan mobilitas dan aktivitas ekonomi tinggi. Pengujian dan penelusuran akan dilanjutkan dengan isolasi dan pengobatan,” kata Jokowi hari Senin malam, ketika mengumumkan perpanjangan lockdown sebagian selama seminggu hingga 9 Agustus, terutama di sebagian Jawa dan Bali.

Baca Juga: Perhimpunan Dokter Kandungan Minta Ibu Hamil Jangan Ragu Untuk Ikut Vaksinasi Covid-19

Untuk ibu hamil yang akan menjalani vaksinasi Covid-19, yang paling penting, usia kehamilannya di atas 3 bulan, tekanan darah di bawah 140/90 mmHg, serta tidak ada tanda maupun keluhan terkait preeklamsia berat seperti nyeri kepala, nyeri rematik, gangguan pandangan, kaki bengkak, atau hipertensi, kata Prof. Budi Wiweko, yang juga guru besar FKUI Selasa, 03 Augstus 2021 (Sumber: Antara)

Presiden Joko Widodo berjanji  akan mendirikan fasilitas karantina yang lebih terpusat dan menjamin ketersediaan pasokan obat-obatan dan oksigen.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:14
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19